BUM Desa Optimis Hasilkan 50 Juta Tiap Bulan

HALMAHERA TENGAH, – Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) ‘Woebulen Madani’ Desa Lelilef Woebulen, Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah akan kembali mengelola usaha jasa pengangkutan sampah. BUM Desa yang sempat tertunda sejak dibentuk pada 3 bulan lalu itu optimis akan menghasilkan pendapatan hingga 50 juta lebih setiap bulan.

 

“Alhamdulillah, kami makin bersemangat dan segera menata administrasi kelembagaan BUMDes dan hal-hal teknis yang sudah disampaikan dalam pelatihan. Kita optimis bisa menghasilkan pendapatan bagi BUMDes di kisaran lebih dari 50 juta per bulan,” kata Direktur BUMDes Slamet Usman, Sabtu (29/7/2023).

 

Slamet menuturkan bahwa setelah dipercayakan memikul tanggung jawab ini, ia langsung bergerak di lapangan. Pihaknya sudah sekitar satu bulan mulai mengangkut sampah warga meskipun belum mengikuti pelatihan manajemen usahanya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Lelilef Woebulen Faisal Jamil memaparkan bahwa pengurus BUM Desa yang diangkat adalah orang-orang yang sudah dipilih secara selektif.  Dirinya yakin bahwa para pengelola mampu membawa BUM Desa Woebulan Madani menjadi BUM Desa yang maju.

 

“Saya meminta kepada Pak Subhan Kabid PPMD untuk memboboti kapasitas pengurus sekaligus dapat mendampingi mereka. Saya yakin bisa membantu pengurus sebagaimana pendampingan pada BUMDes lain yang sudah berjalan di Halteng,” ujarnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang PPMD Halmahera Tengah Subhan Somola menjelaskan bahwa BUM Desa Woebulan dengan jenis usaha jasa angkutan sampah merupakan satu-satunya BUM Desa di Halmahera Tengah yang cerdas melihat peluang dan potensi. Bagaimana tidak, selama ini pekerjaan yang bersinggungan dengan sampah oleh kebanyakan orang dipandang sebelah mata dan bahkan dianggap menjijikkan dan hina.

 

“Tapi Kepala Desa dan pasukan BUM Desanya berkomitmen membangun usaha ini, luar biasa,” kata pria yang biasa disapa Ubhan ini.

 

Diketahui, sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan pengelolaan BUM Desa. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 26-27 Juli 2023 yang dipusatkan di Kantor BUM Desa Woebulan Madani.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *