Antisipasi Karhutla, Relawan Tingkat Desa Telah Dibentuk

Bangka Barat – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bentuk tim relawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tingkat desa. Hal ini bertujuan sebagai salah satu upaya pencegahan kemungkinan terjadinya Karhutla.

 

“Sebanyak 20 desa sudah kita bentuk tim barisan relawan kebakaran, dengan anggota tiga hingga enam orang setiap desa,” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangka Barat Zulkarnain, Kamis (27/7/2023).

 

Zulkarnain menjelaskan, pembentukan tim barisan relawan kebakaran sangat penting dilakukan dalam upaya pencegahan karhutla. karena, nantinya tugas mereka melakukan deteksi dan penanggulangan dini.

 

“Tugas mereka melakukan sosialisasi dan edukasi terkait upaya pencegahan karhutla di wilayah desa masing-masing,” katanya.

 

Selain memberikan pemahaman bahaya karhutla, para relawan ini juga diberikan keterampilan dan pelatihan dalam melakukan pemadaman api dengan alat sederhana yang selanjutnya ditularkan kepada masyarakat.

 

Selain pelatihan dengan materi pemahaman umum, para relawan juga sudah diberikan pengetahuan dan simulasi tentang penanggulangan beberapa jenis kebakaran.

 

“Mereka sudah kami berikan pelatihan dasar pemadaman api dengan alat sederhana agar bisa melakukan tindakan awal jika terjadi peristiwa kebakaran di sekitar tempat tinggal,” katanya.

 

Zulkarnain menambahkam, pelatihan tersebut akan terus dilebarkan ke desa-desa lain yang berpotnsi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

 

“Program ini akan kita lanjutkan di desa-desa lain agar kita bisa bersama-sama melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” ujarnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *