Tingkatkan SDM dengan Pengelolaan Desa Wisata Magelang

MAGELANG – Sejumlah Desa Wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengikuti Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Wisata.

 

“Sehingga brand image pariwisata akan terus terangkat dan terinformasikan secara luas, guna mendorong wisatawan memiliki minat dan motivasi berkunjung ke Kabupaten Magelang,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Mulyanto pada Rabu (26/7/2023).

 

Menurutnya, pariwisata menjadi salah satu sektor strategis dalam pembangunan ekonomi nasional maupun daerah. Sehingga pariwisata sebagai bagian pokok dari gaya hidup manusia, maka harus mempu mensejahterakan dan memajukan dalam perekonomian.

 

“Apalagi, perkembangan wisata saat ini sudah merambah ke pedesaan yang menawarkan keindahan alam yang ada di desa, dengan begitu pengembangan wisata berbasis perdesaan (desa wisata) diarahkan mampu menggerakkan aktivitas ekonomi wisata di pedesaan, serta diharapkan bisa mencegah terjadinya urbanisasi masyarakat desa ke kota, selain itu, pengembangan desa wisata akan mendorong pelestarian alam,” imbuhnya.

 

Disamping itu, Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengatakan kondisi ekonomi dunia pasca Pandemi Covid-19 sedang tidak baik-baik saja. Sehingga, kondisi ini menuntut para pelaku wisata di Kabupaten Magelang harus lebih ekstra kreatif.

 

“Salah satunya bisa menghadirkan pertunjukan seni budaya di desa-desa wisata, dengan begitu akan lebih menarik para pengunjung dan memberikan kesempatan kepada sektor informal seperti para pedagang UMKM cilok, cireng, bakso dan yang lainnya sehingga roda perekonomian dapat berputar dengan maksimal,” paparnya.

 

Ia berpesan agar para peserta bisa meningkatkan dan mengembangkan potensi, kapasitas dan partisipasi masyarakat melalui pembangunan kepariwisataan. Selain itu, ia berharap agar para pemangku kepentingan dapat mewujudkan Sapta Pesona dan iklim kondusif dalam kepariwisataan desa.

 

“Tingkatkan motivasi dan kemampuan masyarakat dalam mengenali dan mencintai pariwisata di Kabupaten Magelang,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *