Sulap Bekas Lokasi Tambang Menjadi Desa Wisata Hijau 

Desa Wisata Terong di Belitung, Kepulauan Bangka Bangka Belitung merupakan salah satu Desa Wisata Kreatif dari hasil revitalisasi kawasan tambang timah yang kumuh. Desa ini berhasil dikelola hingga menjadi salah satu desa yang memiliki kawasan wisata air yang banyak mendatangkan pengunjung.
Kegiatan Pokdarwis di kawasan Pantai Kreatif Terong. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Kreatif Terong.
Kegiatan Pokdarwis di kawasan Pantai Kreatif Terong. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Kreatif Terong.

BELITUNG – Desa Wisata Kreatif Terong merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Dulu kawasan ini terkenal dengan lokasi pertambangan timah yang terkenal kumuh.

 

Desa Wisata Terong memiliki bentang alam berupa perkebunan dan perbukitan, serta pertanian. Mayoritas masyarakat hidup dari aktivitas bertani. Adanya bekas Tambang di Desa Kampung Terong  lambat laun membuat warga tersadar akan pentingnya adanya Pariwisata.

 

Kemudian Warga Desa Terong berinisiatif untuk mengolah bekas tambang menjadi sebuah kawasan wisata sejak tahun 2013 silam. Kreatifitas tersebut membuahkan hasil. Pada akhirnya, Desa yang awalnya memiliki lingkungan kumuh akibat pertambang  kini menjadi indah dan layak dikunjungi.

 

Pada tahun 2016, pemerintah Kabupaten Belitung akhirnya menetapkan Desa Terong  menjadi desa wisata. Penetapan itu ditandai dengan penandatanganan SK oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung.

 

“Harapannya ke depan ingin menjadi desa wisata yang berkelanjutan dan dapat lebih mensejahterakan warga desa,”. Sebut PIC Desa Wisata Kreatif Terong Iswandi, Senin (24/07/2023).

 

Wisatawan lakukan kemah di area bekas tambang Desa Wisata Kreatif Terong. Sumber foto : Dokumentasi Kemenparekraf.
Wisatawan lakukan kemah di area bekas tambang Desa Wisata Kreatif Terong. Sumber foto : Dokumentasi Kemenparekraf.

 

Miliki Wisata Laut Bekas Galian Tambang Timah

 

Desa Wisata Terong memiliki wisata yang menjadi pembeda dari desa wisata pada umumnya. Bekas tambang timah yang penuh dengan air disulap menjadi kubangan air dengan fasilitas lengkap mulai dari saung yang memiliki beragam warna, ditambah lagi gamparan bukit dengan pohon hijau.

 

Kubangan Air yang ada di Bekas Galian tambang memberi  destinasi bagi wisatawan untuk melakukan perjalanan air dengan naik perahu. Sembari melihat sejuknya air yang jernih itu, wisatawan juga dapat bersantai sembari menikmati kudapan sembari menyusuri danau buatan itu.

 

Gazebo yang menyebar memberi  pilihan bagi wisatawan untuk memilih di sudut  mana untuk bersantai. Sembari berbincang dengan sanak saudaranya, wisatawan juga dapat menikmati  hembusan angin yang menyejukan saat siang tiba.

 

Pantai di Desa Kreatif Terong. Sumber foto : Dokumentasi Kemenparekraf.
Pantai di Desa Kreatif Terong. Sumber foto : Dokumentasi Kemenparekraf.

 

Miliki Pantai dengan Hutan Mangrove di Setiap Ujungnya

 

Desa Wisata Kreatif Terong juga memiliki Destinasi Wisata unggulan lainnya. Destinasi itu berupa Pantai  Tanjung Kelayang dan Hutan Mangrove di setiap ujung pantainya.

 

Pantai Tanjung Kelayang memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Wisatawan yang memiliki hobi berenang di laut. Saat berkunjung ke pantai ini, wisatawan boleh untuk mencobanya.

 

Bagi yang alergi dengan air laut. Wisatawan dapat melakukan kegiatan hiking atau jalan-jalan menyusuri pantai Tanjung Kelayang. Kegiatan Hiking selain dapat memberikan pemandangan alam sekitar pantai lebih dekat, wisatawan juga dapat berpindah-pindah lokasi sesuai yang diinginkan.

 

 Wisatawan dapat melihat suguhan alam Pantai Kelayang dari berbagai sudut. Jika wisatawan datang disaat waktu yang tepat, keindahan matahari terbenam dengan cahaya jingganya akan memancar dengan indah. Wisatawan dapat menggunakan sebagai latar belakang untuk berswafoto ataupun melihatnya secara langsung.

 

Wisatawan yang ingin melihat hamparan Pantai Kelayang secara luas dari ketinggian. Bukit Tebalu Selayar  destinasi wajib dikunjungi oleh Wisatawan saat datang ke Desa Wisata Kreatif. Wisatawan dapat menyusuri bukit, sampai puncak agar dapat melihat hamparan bukit, laut dan lokasi wisata bekas tambang timah secara bersamaan.

 

Pengelolaan Desa Wisata Kreatif Terong

 

Desa Wisata Kreatif Terong dikelola oleh Tim Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kreatif Terong. Sebagai kelompok yang beranggotakan keseluruhan warga Desa Terong. Pokdarwis ini memiliki komitmen penuh dalam kemajuan wisata yang ada di desanya.

 

Pemerintah Desa (Pemdes) Terong yang turut berkontribusi dalam kemajuan Desa Wisata Kreatif Terong juga memberikan perkembangan bagi wisata di kawasan itu. Gelontoran dan dari APBDesa saat awal merintis tentu sangat krusial akan keberadaan wisata dan bertambahnya fasilitas wisata sampai saat ini.

 

Dukungan penuh  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberi spirit untuk memajukan wisata di Desa Terong. Promosi yang turut digencarkan membuat Wisata di Desa Terong juga semakin dikenal, baik lokal maupun nasional.

 

Jam Operasional dan Harga Tiket

 

Desa Wisata Terong buak setiap hari dari jam 08.00 sampai 17.00 WIB. Bagi pengelola, Wisatawan masih diperbolehkan untuk menikmati keindahan wisata yang ada di Desa Terong sepuasnya. Hanya saja, wisatawan diimbau saat malam hari tidak mendekat ke bibir danau buatan maupun pantainya demi keamanan.

 

Wisata yang ada di Desa Terong sudah menerapkan wisata paket. Sehingga wisatawan yang datang tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja, pengelola akan memasang tarif untuk setiap destinasi yang ada, baik secara rombongan maupun perseorangan.

 

Setiap paket wisata yang ada diperkirakan harganya mulai dari 100 ribu sampai 250 ribu. Wisatawan akan mendapatkan fasilitas sesuai dengan tujuan wisata yang diinginkan. Fasilitas tersebut mulai dari tour guide saat hiking di Bukit Tebalu Selayar,  ataupun failitas perahu saat ingi menikmat destinasi Pantai Selayang  dan wisata danau buatan bekas Tambang Timah di Desa Terong.

 

Rute Menuju Desa Wisata Kreatif Terong

 

Desa Wisata Kreatif Terong berjarak 15 KM dari Ibukota Provinsi Belitung.Bagi wisatawan yang masih berada di kawasan Provinsi Belitung dapat langsung melakukan perjalanan menuju Kota Tanjung Pandan. Perjalanan dari Kota Tanjung Pandan ke Desa Terong ditempuh dengan durasi waktu 19 menit dengan menggunakan mobil.

 

Bagi wisatawan yang berasal dari Luar Provinsi Bangka Belitung dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat seperti  mobil ataupun angkutan umum menuju Kota Tanjung Pandan. Selanjutnya perjalanan dapat dilanjutkan menuju Desa Terong.

 

Selain itu, perjalanan juga dapat dilakukan dengan menggunakan Transportasi Udara dari Bandara terdekat dengan domisili wisatawan yang menerima rute penerbanagan menuju Bandara International HAS Hanandjoeddin. Selanjutnya, perjalanan dapat dilakukan kembali  menuju Desa Terong yang berjarak 27 KM dengan durasi perjalanan 34 menit menggunakan mobil, atau angkutan umum Bus.

 

Jika Wisatawan menggunakan transportasi laut. Perjalanan dari pelabuhan terdekat wisatawan yang menerima rute menuju Pelabuhan Tanjung Pandan. Setelah sampai di Pelabuhan Tanjung Pandan, Wisatawan dapat melanjutkan perjalanan kembali menuju Desa Terong  yang berjarak 14 KM durasi tempuh 18 menit menggunakan mobil.

 

Pengunjung Desa Wisata Kreatif Terong

 

 

Desa Wisata Kreatif Terong pada tahun 2019 dikunjungi oleh 1511 orang. Mayoritas wisatawan tersebut merupakan warga lokal sekitar Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Setahun berikutnya, yaitu pada tahun 2020. Desa Wisata Kreatif Terong mengalami penurunan yang disebabkan oleh wabah covid yang berimbas pada dunia pariwisata. Pengelola mencatat total pengunjung yaitu 328 orang.

 

Kegiatan Pariwisata di Desa Kreatif Terong kembali normal di tahun 2021. Wisatawan kembali naik dari tahun sebelumnya, pengelola mencatat pengunjung yang datang yaitu sebanyak 795 orang.

 

Kendati demikian, wisatawan kembali mengalami penurunan di tahun 2022. Penurunan disebabkan lantaran bulan awal di tahun itu destinasi wisata sedang dalam perbaikan. Pengelola mencatat jumlah keseluruhan pengunjung yang datang yaitu 702 orang.

 

Omset Desa Wisata Kreatif Terong

 

Desa Wisata Kreatif Terong mendapatkan omset yang berubah setiap tahunnya. Omset yang didapat menyesuaikan dengan jumlah pengunjung dan destinasi wisata yang dikunjungi.

 

Omset Desa Wisata Kreatif Terong di tahun 2019 mampu mencapai 467 juta. Omset tersebut merupakan angka terbesar sejak lima tahun terakhir.

 

Omset Desa Wisata Kreatif Terong pada tahun 2020 sempat mengalami penurunan yang signifikan. Pengelola mencatat pendapatan dari sektor pariwisata yaitu Rp 23 juta.

 

Omset Desa Wisata Kreatif Terong sempat mengalami kenaikan. Omset tersebut tercatat yaitu 60 juta.

 

Kendati pengunjungnya lebih sedikit dari tahun 2021. Omset Desa Wisata Kreatif Terong mengalami kenaikan di tahun 2020 dan 2022. Pengelola mencatat pendapatan mencapai 241 juta dari sektor pariwisata.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di: