Oenlasi Dicanangkan Jadi Desa Moderasi Beragama

Ilustrasi moderasi beragama. Sumber Foto: Istimewa
Ilustrasi moderasi beragama. Sumber Foto: Istimewa

TIMOR TENGAH SELATAN – Desa Oinlasi (Oenlasi), Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dicanangkan sebagai Desa Moderasi Beragama di Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2023. Program moderasi beragama yang dicanangkan Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama (Kemenag) RI ini mempercayakan Institut Agama Kristen Negeri Kupang atau IAKN Kupang sebagai salah satu Satuan kerja (Satker) untuk terus melakukan sosialisasi dan penguatan bagi tokoh agama dan tokoh masyarakat.

 

 

“Sosialisasi dan penguatan tentang moderasi beragama ini sangat penting,” ucap Ketua Rumah Moderasi IAKN Kupang, Dra. Marla Djami, M.Si, Jum’at (21/7/2023).

 

 

Kegiatan sosialisasi dan penguatan tentang moderasi beragama itu, akan digelar pada Senin hingga Rabu (24-26/7/2023) di Desa Oenlasi Kecamatan Amanatun Selatan Kabupaten TTS. Ia juga menyebut bahwa pemilihan Desa Oenlasi sebagai desa moderasi beragama dipilih langsung oleh Bupati TTS.

 

 

“Desa Oenlasi juga dipilih sebagai Desa Moderasi Beragama tahun 2023. Secara resmi Bapak Bupati TTS yang akan meresmikannya,” tegasnya.

 

 

Menurutnya, hal ini harus diakui Provinsi NTT yang telah dikenal sebagai Nusa Terindah Toleransi. Karena sudah sejak lama masyarakat NTT hidup dalam spirit moderasi beragama

 

 

“Sudah sejak lama masyarakat NTT hidup dalam spirit moderasi beragama. Karena itu, ke depan kita memang membutuhkan penguatan yang terus-menerus khususnya kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ungkapnya.

 

 

Ada 100 tokoh agama dan tokoh masyarakat, yang akan mengikuti kegiatan sosialisasi dan penguatan tentang pentingnya moderasi beragama. Dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat ini, kita berharap mereka akan menjadi contoh, corong dan teladan yang baik untuk mengedukasi masyarakat.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *