Dua Kampung di Jayapura Disiapkan Ikuti ADWI 2024

Kampung Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Sumber foto: http://jayapurakota.go.id/
Kampung Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Sumber foto: http://jayapurakota.go.id/

JAYAPURADinas Pariwisata (Dispar) Kota Jayapura, Provinsi Papua tengah menyiapkan dua kampung di daerahnya untuk mengikuti dan masuk dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024 mendatang. Kedua kampung itu adalah Kampung Kayu Pulo, Distrik Jayapura Selatan dan Kampung Enggros, Distrik Abepura.

 

“Dua kampung itu yang sementara kami data untuk masuk dalam ADWI 2024 sebagai upaya kami dalam mengembangkan wisata di daerah ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano, Jum’at (21/7/2023).

 

Mano mengaku, pihaknya terus mempromosikan seluruh destinasi wisata di Kota Jayapura tidak melalui media sosial saja. Namun, berbagai ajang yang dilakukan selama 2023 seperti Festival Port Numbay dan Festival Cross Border serta Irian Creative Week juga menjadi salah satu fakto penting.

 

“Ini adalah program khusus Dispar pada 2023 dalam rangka mengembangkan sektor pariwisata Kota Jayapura agar lebih dikenal masyarakat luas,” katanya.

 

Ia menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pembangunan destinasi wisata seperti mendata kembali terkaiy pelaksanaan kegiatam di masing-masing tempat wisata. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pembentukan kembali kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

 

“Tujuan dibentuk Pokdarwis juga untuk pengembangan pembangunan kepariwisataan daerah guna meningkatkan pendapatan asli daerah dan masyarakat setempat,” ujarnya.

 

Mano menambahkan kehadiran Pokdarwis diharapkan dapat membantu Pemkot Jayapura dalam mempromosikan objek wisata. Sebab, menurutnya sektor pariwisata menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Kota Jayapura, sehingga sangat penting untuk mengembangkan destinasi wisata menjadi lebih baik.

 

“Kami juga akan terus melakukan pelatihan dan pendampingan bagi pengelola wisata agar dapat memproduksi berbagai macam produk yang bisa dijadikan cinderamata bagi pengunjung,” tandasnya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *