Bongkar Celengan Pribadi, Total Uang Koin 9 Juta

Farhan saat memikul uang koin hasil tabungannya. Sumber foto: Istimewa
Farhan saat memikul uang koin hasil tabungannya. Sumber foto: Istimewa

TERNATEĀ – Seorang warga Kelurahan Bastiong, Kota Ternate, Maluku Utara membongkar celengan pribadinya. Setelah dibongkar isi celengan tersebut terhitung sebanyak Rp 9 juta 400 ratus dalam pecahan uang koin 100 rupiah, 500 rupiah dan 1000 rupiah.

 

ā€œUang tersebut saya tabung selama 1 tahun menggunakan 2 galon air minum,ā€ kata Farhan yang berprofesi sebagai pedagang ini, Kamis (20/7/2023).

 

Menurut Farhan, uang koin itu ia dikumpulkan sejak tahun 2022. Begitu dihitung, jumlah totalnya sebesar Rp 9 juta lebih. Artinya, dalam waktu tiga hari ia bisa mengumpulkan uang sebesar Rp 250 ribu.

 

“Saya kumpulkan itu dimasukkan dalam galon. Ini untuk modal usaha. Selain untuk usaha juga diperuntukkan pembiayaan anak yang sedang kuliah di Universitas Khairun Ternate,” tuturnya.

 

Farhan mengatakan bahwa uang koin tersebut kemudian ditukarkan dengan uang kertas di Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara untuk membangun usaha.

 

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, Indra Gunawan memberikan penghargaan berupa uang kertas pecahan 1000 rupiah yang masih tersambung. Penghargaan itu diberikan kepada Fardan lantaran ketekunannya menabung uang koin dan menukarkan ke Bank Indonesia.

 

ā€œKami berikan penghargaan untuk Farhan atas ketekunannya menabung uang koin,ā€ ujarnya.

 

Lebih lanjut, Indra mengimbau agar warga ketika melakukan penukaran uang koin dipisahkan berdasarkan pecahan nilai uang. Hal tersebut agar memudahkan proses penukaran uang.

Ā 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *