Pencapaian Penyelesaian Batas Desa di Tabalong Mencapai 97,3 Persen

Pencapaian Penyelesaian Batas Desa di Tabalong Mencapai 97,3 Persen. Sumber foto: Ilustrasi Freepik
Pencapaian Penyelesaian Batas Desa di Tabalong Mencapai 97,3 Persen. Sumber foto: Ilustrasi Freepik

TABOLANG – Pelaksanaan penyelesaian penegasan batas desa di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mencapai angka paling tinggi di Kalsel yaitu 97,3 persen tersebar di 12 kecamatan. Kepala Bidang Pembinaan Administrasi Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong, mengungkapkan bahwa hanya beberapa desa yang masih belum selesai dalam penegasan batas desanya.

 

 

“Desa Kembang Kuning, Desa Bila dan Desa Kaong yang belum tuntas penyelesaian penegasan batas desanya,” jelas Aidi selaku kepala bidang pembinaan administrasi di Tabalong, Senin (17/07/2023).

 

 

Belum adanya pemecahan masalah penentuan batas desa salah satunya disebabkan belum ada kesepakatan antara pihak yang terlibat. Sementara itu, aspek penyelesaian penentuan batas desa inilah yang membuat Desa Murung Karangan Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong masuk dalam lima besar kompetisi desa tingkat regional Kalimantan dan Sulawesi tahun 2023.

 

 

Penyelesaian klarifikasi batas Desa Murung Karangan mencapai 100 persen dan ini menjadi elemen utama dalam penilaian kompetisi desa. Tambahan lagi, elemen pemerintahan dan masyarakat juga menjadi penilaian oleh tim evaluasi kemajuan desa dan kelurahan.

 

 

 

Sebagai infromasi, Desa Murung Karangan sendiri telah mengimplementasikan perubahan berupa layanan masyarakat secara daring sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat. Terpisah Camat Muara Harus Adityapula Nugraha menyatakan rencananya tim penilaian perkembangan desa dan kelurahan Kementerian Dalam Negeri melakukan verifikasi ke Desa Murung Karangan besok.

 

 

Penulis: Devi arp

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *