Kades Diminta Lebih Inovatif Dalam Memimpin  

foto pj gubernur riau Suganda, Sumber foto: sumber resmi riau
foto pj gubernur riau Suganda, Sumber foto: sumber resmi riau

Bangka Belitung – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu, meminta kepala desa (kades), untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memimpin desa. Tujuannya untuk mewujudkan kemandirian desa yang lebih berinovasi.

 

“Pemberdayaan masyarakat desa, merupakan aspek penting dalam mendorong tumbuhnya masyarakat desa yang mandiri, inovatif, dan kreatif dalam segala aspek kehidupan,” kata Pj Gubernur Babel Suganda, Selasa. (18/7/2023).

 

Suganda mengatakan, dalam mewujudkan kemandirian desa, peranan Kades sangat dibutuhkan dalam pemberdayaan masyarakat desa.

 

“Karena Kades memiliki peran dalam membuat perencanaan desa, pengambilan keputusan serta agen perubahan bagi para aparatur desa yang lain,” katanya.

 

Maka dari itu, kepemimpinan Kades sangatlah berpengaruh dalam kemajuan sebuah desa.

 

“Jika kepemimpinan Kades berjalan dengan baik, maka akan berdampak pada peningkatan kinerja organisasi. Selain itu, apabila kepemimpinan Kades berjalan baik, maka partisipasi masyarakat dalam memajukan desanya akan meningkat pula,” ujarnaya.

 

Menurutnya, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan professional.

 

Tujuannya, untuk mengelola potensi Sumber Daya Alam (SDA), yang dimiliki oleh masing-masing desa yang berada di Provinsi Babel.

 

“Dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, diperlukan peranan dari semua pihak, baik itu pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten,” katanya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *