Site icon Kolom Desa

BPBD Riau Padamkan Kebakaran Lahan di Desa Teluk Bano  

ilustrasi foto kebakaran lahan, Sumber foto: pixabay.com

ilustrasi foto kebakaran lahan, Sumber foto: pixabay.com

Rokan Hilir – Petugas gabungan dari TNI, Polri, dan BPBD Riau padamkan kebakaran hutan dan lahan. Pemadaman tersebut dilkukan di Desa Teluk Bano, Kabupaten Rokan Hilir.

 

”Satgas darat terus berupaya melakukan pemadaman lewat darat dan udara ke lokasi untuk membantu memadamkan api  yang membakar di desa tersebut,” kata Kepa Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Ghafur, Selasa (18/7/2023).

 

Ghafur mengatakan, kondisi cuaca saat ini di Riau cukup panas dan kering. Dirinya mengimbau agar masyarakat tidak membakar sesuatu di  lahan.

 

Ia juga meminta masyarakat agar tidak sembarangan membuang putung rokok yang masih menyala, apalagi di lahan kebun atau hutan.

 

“Yang hobi memancing ikan juga jangan meningalkan api unggun atau bara api untuk membakar ikan karena bias memicu kebakaran, pastikan api padam dan setelah itu baru bisa meninggalkan lokasi tersebut,” ujarnya.

 

Sekadar informasi, menurut BMKG Pekanbaru, jumlah titik api di Sumatera sebanyak 62 lokasi yang tersebar di beberapa provinsi .

 

Di Provinsi Riau sendiri tercatat ada empat titik api, yang tersebar di Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kabupaten Kota Pekanbaru dan yang terakhir di Kabupaten Rokan Hilir.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Exit mobile version