Ada 60 Desa di Halmahera Selatan Lolos Program TEKAD

Kabid Pemberdayaan Pengembangan dan Ekonomi Desa DPMD Halmahera Selatan, Zaky, ketika menjelaskan progres usulan 60 desa masuk dalam program TEKAD Kemendes PDTT, Selasa (18/7/2023). Sumber foto: Istimewa

HALSEL – Sebanyak 60 desa di Halmahera Selatan, Maluku Utara, yang diusulkan lolos dalam program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD). Kini desa-desa itu tengah menunggu persetujuan Kementerian Desa PDTT.

 

“Jadi tinggal menunggu persetujuan dan progres sosialisasi dari teman-teman pendaming TEKAD ke sejulah desa lainnya,” ujar Kabid Pemberdayaan Pengembangan dan Ekonomi Desa DPMD Halmahera Selatan, Zaky, Selasa (18/7/2023).

 

Sejumlah syarat seperti pengajuan penetapan calon desa TEKAD serta sosialisasi program tersebut, telah dilewati Pemkab Halmahera Selatan selaku pengusul.

 

Zaky mengaku, 60 desa yang diusulkan itu merupakan desa kategori tertinggal. Hal ini, berdasarkan pantauan Kemendes PDTT yang mengukur dari indeks desa membangung atau IDM.

 

“Nah mereka mengirimkan ke kita, kalau betul itu (desa tertinggal) maka Pak Bupati menandatangani untuk kita usulkan,” terangnya.

 

Dia juga menambahkan, jika 60 desa tersebut ditetapkan masuk dalam program TEKAD, maka total desa di Halamhera Selatan yang masuk dalam program ini sebanyak 80.

 

“Karena itu kita berharap melalui program TEKAD ini, pertumbuhan ekonomi desa bisa signifikan,” tandanya.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *