Site icon Kolom Desa

Kontes Durian, Bukti Keunggulan Tanaman Lokal

foto bupati bangka tengah saat menghadiri acara kontes durian lokal, Sumber foto: sumber resmi bangka tengah

foto bupati bangka tengah saat menghadiri acara kontes durian lokal, Sumber foto: sumber resmi bangka tengah

Bangka Tengah – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kontes durian khas lokal. Acara tersebut diselenggarakan di Desa Air Mesu yang diikuti sebanyak 30 peserta.

 

“Kontes durian khas lokal ini tentu saja untuk memperkenalkan keunggulan tanaman lokal dan mendorong semangat masyarakat dalam membudidayakan tanaman durian dengan kualitas unggul,” kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Sabtu (15/7/2023).

 

Algafry Rahman mengatakan, kontes durian khas lokal ini digelar rutin setiap tahun pada saat musim durian.

 

“Semua yang dipajang dan dibawa dalam kontes durian ini merupakan buah durian lokal dengan kualitas baik, saya sudah mencicipinya dan memang rasanya sangat lezat,” ujarnya.

 

Menurutnya, kontes durian lokal ini merupakan bagian dari upaya untuk mempopulerkan aneka jenis durian khas Bangka Tengah.

 

“Ini juga untuk menggeliatkan dan menggerakkan ekonomi kerakyatan, setidaknya produksi durian petani dapat meningkatkan perekonomian warga kendatipun sifatnya musiman,” katanya.

 

Algafry menjelaskan, dalam melakukan penilain lomba, panitia memiliki beberapa komponen, yaitu mulai dari penampilan luar, penampilan dalam, ketebalan isi, rasa, keunikan, dan ukuran biji dalam kontes tersebut.

 

Ketua Pelaksana kontes durian khas lokal M Rizki mengatakan, durian yang ikut kontes tersebut, semuanya berasal dari Desa Air Mesu yang nantinya akan dilelang.

 

“Durian yang ikut kontes dan yang keluar sebagai pemenang 1 sampai 3 dan harapan 1 sampai 3 nanti akan dilelang,” ujarnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Exit mobile version