Site icon Kolom Desa

Bird Watching Isyo Hills Dikembangkan untuk Tarik Wisatawan

Burung Cendrawasih di Bird Watching Isyo Hilll’s, Kampung Rephang Muaif, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura. Sumber foto: https://indonesia.go.id/

Burung Cendrawasih di Bird Watching Isyo Hilll’s, Kampung Rephang Muaif, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura. Sumber foto: https://indonesia.go.id/

JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mengembangkan wisata berbasis keindahan alam yakni Bird Watching Isyo Hilll’s di Kampung Rephang Muaif, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura. Hal itu dimaksudkan guna menarik wisatawan mancanegara dari kawasan ASEAN yang akan datang ke daerah tersebut.

 

“Potensi wisata alam yang menjadi unggulan untuk menarik wisatawan dari negara-negara ASEAN yakni Bird Watching Isyo Hill’s. Pada dasarnya yang berbasis kekayaan alam,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabuaten Jayapura Ted Mohay, Sabtu (15/7/2023).

 

Menurutnya, obrjek wisata ini dikembangkan oleh putra asli dari kampung tersebut. Mereka memanfaatkan kekayaan alam yakni kawasan hutan yang luas sebagai habitat Burung Cendrawasih.

 

“Pemeritah Kabupaten Jayapura akan membangun sebuah taman di lokasi Birh Watching Isyo Hill’s. Kami beri nama Noken Park,” ujarnya.

 

Pihaknya juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Alex Waisimon selaku pengelola wisata yang juga merupakan masyarakat adat setempat. Ia mengucapkan terima kasih telah memperkenalkan wisata Kabupaten Jayapura kepada dunia.

 

“Sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam mengembangkan wisata berbasis alam, maka akan dibangun Noken Park dan juga gorong-gorong masuk ke kawasan tersebut,” ucap Mohay.

 

Mohay menegaskan fokus pemerintah saat ini yakni peningkatan produktivitas masyarakat melalui sektor-sektor unggulan yang dimiliki Kabupaten Jayapura. Hal itu sekali lagi ia tegaskan guna menarik wisatawan mancanegara dari kawasan ASEAN.

“Objek wisata Bird Watching Isyo Hill’s ini merupakan bagian dari sektor pariwisata juga ekonomi yang perlu mendapat perhatian pemerintah agar terjadi peningkatan produktivitas di masyarakat,” tandasnya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version