Antisipasi Kerusakan Akibat Kendaraan Tambang, Jalan Desa Dibeton

 Bupati Lumajang Meninjau Pembangunan Jalan Beton Desa Condro, Sumber Foto: lumajangkab.co.id
 Bupati Lumajang Meninjau Pembangunan Jalan Beton Desa Condro, Sumber Foto: lumajangkab.co.id

LUMAJANG – Sejumlah ruas Jalan Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mulai dibeton. Tujuan pembangunan jalan itu agar tidak mudah rusak, lantaran wilayah tersebut merupakan lintasan kendaraan tambang pasir.

 

“Jalan desa Condro sudah diputuskan baik tingkat desa maupun kabupaten dijadikan jalan tambang dan dikerjakan secara swakelola melalui BUMDes,” ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Jumat (14/7/2023).

 

Pria yang karib disapa Cak Thoriq ini mengungkapkan, jalan yang menjadi jalur akses menuju tambang itu nantinya akan dikelola melalui BUMDes. Yang secara teknis proses pembangunannya melibatkan masyarakat setempat dengan bergiliran.

 

“Bentuknya terintegrasi mulai jalan tambangnya, perpajakannya, stockpile nya, satu kesatuan yang terus kita kuatkan agar tata kelola pertambangan pasir semakin baik,” ungkap dia.

 

Di samping itu, Hanafi Koordinator Sopir Angkutan Pasir mengungkapkan, pembangunan jalan tersebut dibantu oleh masyarakat. Jalan beton yang dibangun sepanjang 1,2 kilometer dengan lebar 6 meter dan ketebalan 30 cm itu diharapkan akan mempermudah kegiatan tambang.

 

“Anggarannya melalui swadaya rekan-rekanan sopir dibantu masyarakat. Selain memudahkan masyarakat juga memudahkan akses armada pasir juga,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *