Site icon Kolom Desa

Ibu-ibu PKK Dilatih Cara Olah Buah Pala Jadi Selai

Buah Pala. Sumber foto: Istock

Buah Pala. Sumber foto: Istock

HALSEL, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Halmahera Selatan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) fasilitas pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa. Tujuannya tidak lain untuk menggali potensi ibu-ibu PKK kecamatan dan desa dalam mengolah hasil komiditi. Salah satunya, mereka dilatih cara mengolah buah pala agar menjadi sari pala atau sebagai selai.

 

“Melihat banyaknya komunitas pala di Halmahera Selatan, maka melalui Bimtek ini ibu-ibu PKK akan dilatih untuk dapat mengolah pala tidak hanya pada biji dan kulitnya, tetapi daging buah pala juga dapat dimanfaatkan. Sehingga bisa di jual dan akan menghasilkan pendapatan desa,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Halmahera Selatan Faris Hi. Madan, Kamis (13/7/2023).

 

Faris menambahkan, kegiatan bimtek tersebut tidak hanya difokuskan kepada materi saja, namun lebih cenderung kepada praktek untuk pembinaan dan pengembangan usaha ekonomi masyarakat tahun 2024. Hal ini senada dengan visi dan misi Pemkab Halmahera Selatan.

 

“Semoga setelah Bimtek ini ibu-ibu bisa kembali ke desa untuk memberikan pengetahuan ke desa yang akan didampingi oleh DPMD dengan melibatkan OPD terkait. Sehingga ada kolaborasi untuk pembinaan dan pengembangan ke depan. Agar produk-produk lokal yang dihasilkan juga bisa dijual secara nasional,” tandasnya.

 

Sementara itu, Plt Sekda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan Safiun Radjulan resmi membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) fasilitas pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa. Ia berharap agar dalam pengembangan usaha produk unggulan desa yang berbasis lokal dapat dikembangkan ke arah yang lebih baik.

 

“Produk unggulan desa harus terus ditingkatkan dan dikembangkan guna menunjang pembangunan melalui desa,” kata Safiun.

 

Ia juga mengapresiasi kepada DPMD setempat atas terselenggaranya kegiatan bimtek yang dianggapnya sangat penting itu. Hal itu juga untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Halmahera Selatan melalui desa.

 

“Saya ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, karena Bimtek ini akan meningkatkan SDM guna mampu mengelola produk unggulan desa yang merupakan kemampuan suatu desa untuk menciptakan suatu produk yang bernilai,” tandasnya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version