Manfaatkan Dana Desa, Jalan Rabat Beton akan Dibangun  

Pekerjaan jalan rabat beton oleh Pemdes Pencado, Kecamatan Taliabu Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu. Sumber foto: Istimewa
Pekerjaan jalan rabat beton oleh Pemdes Pencado, Kecamatan Taliabu Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu. Sumber foto: Istimewa

TALIABU – Pemerintah Desa (Pemdes) Pencado, Kecamatan Taliabu Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara benar-benar memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk infrastruktur desa, berupa pembangunan jalan rabat beton di RT 06, Dusun Maluli. Pembangunan jalan yang akan berlangsung selama 3 bulan itu memakan anggaran kurang lebih Rp 360 juta.

 

“Saat ini kami sudah memperbaiki jalan utama yang merupakan jalan rabat beton dengan panjang kurang lebih panjang 230 meter dan lebar 4 meter,” kata Pj Kepala Desa Pencado Robbin Wahyudi Rette, Selasa (11/7/2023).

 

Robbin mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur di desa. Ia menyebut pekerjaan itu juga diinformasikan melalui anggaran pendapatan dan belanja desa atau APBDes tahun anggaran 2023.

 

“Informasi ini bertujuan agar masyarakat dapat mengontrol dan atau mengawasi adanya jalannya pembangunan di desa,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, memlalui informasi itu masyarakat dapat memberikan masukan, saran atau kritik yang membangun, agar penyelewengan penggunaan anggaran dana desa dapat diminimalisir. Sehingga desa membangun secara baik dan nyata dapat terwujud.

 

”Agar turut dikawal dan transparan kepada masyarakat,” imbuhnya.

 

Menurut Robbin, upaya tersebut nyatanya juga disambut positif oleh masyarakat desa setempat. Sebab, jalan yang semula rusak kini sudah bagus dengan menggunakan kontruksi rabat beton. Ia berharap, pemanfaatan dana desa ini betul-betul bisa dimanfaatkan secara nyata oleh masyarakat.

 

“Kami berharap dengan adanya kucuran dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD), kemajuan desa kian meningkat baik dari segi perekonomian, pendidikan serta kesehatan masyarakat,” tandasnya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *