Pemkab Sumenep Berhasil Wujudkan 39 Desa Mandiri

Kantor Pemkab Sumenep, Sumber Foto: bag-organisasi.sumenepkab.go.id
Kantor Pemkab Sumenep, Sumber Foto: bag-organisasi.sumenepkab.go.id

SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep telah berhasil meningkatkan 39 Desa berstatus Mandiri di tahun 2023. Atas pencapaian itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumenep Mohammad Hanafi memberikan apresiasi pada seluruh stakeholder yang terlibat dalam kesuksesan tersebut.

 

“Saya berharap, pemerintah desa dapat memikirkan program-program pemberdayaan. Tidak hanya mengedepankan program fisik, tetapi juga memikirkan program yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan,” tegasnya, Minggu (10/7/2023).

 

Menurut Hanafi, masih banyak Pekerjaan yang harus dituntaskan agar desa tidak hanya sekadar berubah status. Namun yang lebih penting bagaimana pembangunan di desa benar-benar tepat sasaran dan berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya.

 

Hanafi menambahkan, hal yang paling strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah BUMDes. Ia berharap agar desa berinovasi memajukan BUMDes untuk kepentingan masyarakat.

 

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Anwar Syahroni Yusuf menyebutkan bahwa 39 Desa Mandiri yang dicapai selama tiga tahun terakhir merupakan hasil dari kerja tim. Tentunya melalui banyak tahapan dan proses, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan.

 

“Atas nama pemerintah Kabupaten Sumenep, kami sampaikan terima kasih atas kekompakan dan kerja profesional semua pihak sehingga bisa membawa 39 desa berstatus mandiri,” tuturnya.

 

Pemerintah desa (Pemdes) dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Pendamping Desa (PD) camat, Dinas PMD hingga Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) solid membangun desa hingga terwujud 39 Desa Mandiri. Semua ini hasil dari sinergitas yang kuat antara jajaran tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

 

Pihaknya berkomitmen, bagi desa yang berstatus berkembang dan mandiri akan tetap didorong bagaimana pembangunannya terus maju hingga akhirnya menjadi Desa Mandiri

 

Penulis: Ilham
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *