Desa Falabisahaya Alami Krisis Jaringan Internet

Ilustrasi Menara Jaringan Internet. Sumber foto: Pixabay
Ilustrasi Menara Jaringan Internet. Sumber foto: Pixabay

KEPSUL, – Desa Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara mengalami masalah krisis akses telekomunikasi untuk telepon seluler dan internet. Keluhan masyarakat ini juga turut dirasakan pemerintah desa setempat.

 

“Padahal desa yang lain warganya bisa melakukan video call, kenapa Desa Falabisahaya di kecamatan yang cukup besar ini tidak bisa,” kata Penjabat Kepala Desa Falabisahaya Sedek Marasabessy, Senin (10/7/2023).

 

Sedek mengaku selain tidak adanya akses internet, komunikasi via seluler ke tempat di luar Desa Falabisahaya pun sangat sulit. Salah satu perusahaan swasta yang bakal beroperasi di Desa Falabisahaya pun menjanjikan bakal membangun jaringan telekomunikasi.

 

“Kami tidak konfirmasi lagi dengan pihak perusahaan, karena dari awal mereka sampaikan kalau memang perusahaan sudah aktif bagus, baru mereka akan bangun jaringan,” kata dia.

 

Sebelumnya, masalah ini juga pernah dua kali disampaikan pihak kecamatan ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Sula.

 

Sementara itu, Dea salah satu warga Desa Falabisahaya mengatakan kebutuhan masyarakat terhadap akses telekomunikasi ini sangat tinggi. Ia berharap agar masalah ini mendapat perhatian dari pihak terkait.

 

“Pemanfaatan jaringan di sini sangat besar, dan kalau bisa jaringan di Falabisahaya lebih besar dari desa-desa yang lain,” pintanya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *