Banjir dan Longsor, 24 Keluarga Terima Bantuan Logistik

Ilustrasi Akibat Banjir dan Tanah Longsor. Sumber foto: Istock
Ilustrasi Akibat Banjir dan Tanah Longsor. Sumber foto: Istock

HALSEL, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mendistribusikan bantuan logistik kepada 24 kepala keluarga di Desa Bajo, Kecamatan Botang Lomang yang terdampak bencana banjir bandang dan longsor. Bencana alam tersebut dilaporkan terjadi pada Jumat 7 Juli 2023 lalu lantaran dipicu hujan lebat.

 

“Sebanyak 23 unit rumah warga digenangi air dengan ketinggian 30 centi meter. Selain itu, satu unit rumah berukuran 6×8 alami rusak sedang akibat tanah longsor,” kata Kepala BPBD Halmahera Selatan M Ichwan Iskandar, Senin (10/7/2023).

 

Ichwan mengatakan, pihaknya telah melakukan investigasi potensi bencana. Ia juga mengaku tidak ada korban jiwa dalam periswa bencana alam itu.

 

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan penyebab lain dari banjir tersebut adalah tidak ada saluran drainase di lokasi tersebut. Sehingga air hujan meluap dan masuk ke pemukiman warga.

 

“Drainase belakang Desa Bajo, tepatnya pada bantaran kaki gunung itu tidak ada. Sehingga air meluap menggenangi pemukiman warga dan juga terjadinya tanah longsor,” tutupnya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *