249 Desa Usai Salurkan BLT Tahap I

Ilustrasi Dana BLT. Sumber foto: Pixabay
Ilustrasi Dana BLT. Sumber foto: Pixabay

HALSEL, – Sebanyak 249 desa di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara telah tuntas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I tahun 2023. Penyaluran BLT kali ini tidak menuai polemik antara warga dan setiap pemerintah desa, sebagaimana terjadi pada tahun 2022 lalu.

 

“Jadi tidak ada masalah. Semua tahap I sudah selesai,” kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMPD) Halmahera Selatan Faris Hi Madan,   Rabu (5/7/2023).

 

Menurut Faris, saat ini para kepala desa (Kades) telah diminta memasukkan realisasi penyaluran BLT tahap I untuk dilakukan permintaan pencairan anggaran BLT tahap II. Sebab, diundang-undang itu yang dibutuhkan hanya realisasi.

 

“Kalau tidak dimasukkan terus permintaan pencairan, maka besok-besok kita dipermasalahkan,” ujarnya.

 

Ia juga menambahkan, laporan realisasi BLT pemerintah desa berbeda dengan LPJ. Sebab, LPJ hanya merupakan kebijakan pemerintah daerah untuk melihat hasil penyelenggaraan dan penggunaan dana desa.

 

“Jadi LPJ tidak diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu). Itu hanya kebijakan pemerintah daerah. Beda dengan BLT, dia diatur dalam Undang-Undang sehingga harus ada laporan realisasi,” tandas Faris.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *