Waspada Banjir Bandang Susulan BPBD Imbau Warga di Bengkayang Berhati – Hati

Waspada Banjir Bandang Susulan BPBD imbau warga di Bengkayang Berhati – Hati. Sumber foto: bnpb.go.id
Waspada Banjir Bandang Susulan BPBD imbau warga di Bengkayang Berhati – Hati. Sumber foto: bnpb.go.id

BENGKAYANG Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Barat mengajak warga di Bengkayang untuk tetap waspada. Kemungkinan banjir bandang susulan akibat curah hujan yang tinggi yang sedang terjadi di beberapa daerah.

 

 

“Kemarin telah terjadi bandang di dua desa di Kabupaten Bengkayang akibat hujan deras. Untuk itu kami minta warga tetap waspada di rumah masing – masing terhadap banjir susulan. Warga jangan panik,” ujar Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalimantan Barat, Daniel di Pontianak, Minggu ( 02/07/2023).

 

 

Ia menjelaskan bahwa banjir hebat yang melanda di Sebente Desa Sebente hingga di Sohak Desa Bangun Sari terjadi pada Sabtu pukul 15:30 WIB. Banjir yang diakibatkan hujan lebat sejak pukul 12:15 WIB yang mengakibatkan meluapnya Sungai Setanga.

 

 

Akibat bencana membanjir jalan sepanjang 1 km, dengan tinggi banjir 20-50 Cm dan melimpahnya air di sawah warga seluas kurang lebih 4 hektare saat ini, air sedang surut. Terkait jumlah penduduk dan bangunan rumah serta fasilitas umum yang terdampak, sedang dalam proses asesmen oleh TRC BPBD Kabupaten Bengkayang.

 

 

 

Masyarakat tetap tenang dan surat-surat keluarga harus mulai dipindahkan ke tempat yang aman dan masyarakat harus siap untuk dievakuasi oleh tim penanggulangan jika banjir tidak terkendali. Dalam proses evakuasi, prioritas harus diberikan kepada kelompok yang rentan seperti orang tua, wanita hamil, orang yang sakit, anak-anak, dan orang dengan kecacatan.

 

 

Sebagai infromasi, berdasarkan data peringatan dini cuaca oleh BMKG Kalbar 2 Juli 2023, sejumlah daerah berpotensi mengalami hujan sedang dan lebat, petir dan angin kencang.

 

 

Penulis: Devi arp

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *