Site icon Kolom Desa

Program Ketahanan Pangan, Pemdes Mongpok Pilih Peternakan

lustrasi Peternakan Domba, Sumber Foto: freepik

lustrasi Peternakan Domba, Sumber Foto: freepik

SERANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Mongpok, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, memilih sektor peternakan yakni dengan mengembang biakkan kambing di lingkungan desa. Hal itu merupakan program Pemdes dalam upaya menunjang ketahanan pangan di tingkat desa.

 

“Alhamdulillah di tahun 2023 program ketahanan pangan untuk di Desa Mongpok kita arahkan ke budidaya kambing domba,” kata Bana, Kepala Desa Mongpok, Minggu (2/7/2023)

 

Program ketahanan pangan ini merupakan amanat dari Pemerintah Pusat dengan mengalokasikan anggaran dari Dana Desa (DD) sebesar 20 persen. Hal itu disesuaikan dengan dengan karakter desa, yang mana ternak kambing domba memiliki potensi yang bagus di Kabupaten Serang.

 

“Di samping untuk memberdayakan masyarakat kami, juga nanti ke depan supaya Kabupaten Serang tidak memasok lagi atau tidak mengandalkan lagi dari daerah luar Kabupaten Serang untuk daging kambing,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, dalam perawatannya pihak Pemerintah Desa menyerahkan pemeliharaan domba-domba agar kepada Kelompok Tani Sejahtera. Salah satu kelompok tani yang ada di Desa Mongpok dengan jumlah formasi 10 orang.

 

“Jadi kita ada 10 orang. Ada ketua, sekertaris dan bendahara, sementara 7 orang lainnya anggota,” jelasnya.

 

Kades Mongpok berharap dengan program budidaya kambing itu bisa meningkatkan perekonomian warga setempat. Ia juga berharap dengan peternakan kambing kebutuhan daging Kabupaten Serang dapat terpenuhi oleh petani lokal.

 

Penulis: Ilham
Editor: Danu

Exit mobile version