Kelompok Tani Desa di Kutai Timur Dapat Prestasi Sebagai Desa Bebas Kebakaran

Petani Kutim mencapai prestasi sebagai desa bebas dari kebakaran. Sumber foto: Diskominfokaltim.go.id
Petani Kutim mencapai prestasi sebagai desa bebas dari kebakaran. Sumber foto: Diskominfokaltim.go.id

KUTAI TIMUR – Dua Kelompok Pertanian Prihatin Api (KPPA) di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur mendapatkan penghargaan dari perusahaan perkebunan sebagai prestasi mencapai desa bebas kebakaran lahan dan hutan. Kelompok pertanian tersebut berasal dari dua kampung di Kecamatan Sangkulirang, Kutai Timur, yaitu Kampung Pelawan dan Kampung Tepian Terap.

 

 

“Masing-masing desa menerima uang sebesar Rp 50 juta per KTPA oleh perusahaan”, Ujar Kepala Dinas Perkebunan, Ahmad Muzakkir di Samarinda, Selasa (27/06/2023).

 

 

Muzakir memberikan penghargaan kepada perusahaan perkebunan karena menunjukkan perhatian pada kegiatan masyarakat dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan. Semoga semakin banyak perusahaan swasta yang memperhatikan program pemerintah untuk menyelesaikan karhutla di daerah.

 

 

Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan Dinas Pertanian Kalimantan Timur Asmirilda menjelaskan perusahaan pertanian yang telah memberikan hadiah kepada kelompok tani tersebut. Yaitu Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Etam Bersama Lestari.

 

 

“Keberhasilan dua kelompok tani itu menjadi salah satu keberhasilan program inovasi iman karlabun, sebagai program Dinas Perkebunan Kalimantan Timur untuk antisipasi karhutla,” ujar Asmirilda.

 

 

Sebagai informasi, sebanyak sembilan desa di wilayah Kaltim telah menerima penghargaan berupa uang tunai dari perusahaan perkebunan sepanjang 2023 karena telah berkontribusi terhadap kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

 

 

Penulis : Devi arp

Editor : Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *