Kades Diimbau Tidak Sembarangan Rombak Perangkat Desa

Ilustrasi kepala desa Sumber Foto: Istimewa
Ilustrasi kepala desa Sumber Foto: Istimewa

KUPANG – Pemerintah Kabupaten Manggarai melaksanakan pelantikan terhadap 65 Kepala Desa (Kades) terpilih pada Pilkades Serentak gelombang 1 tahun 2023. Pada momen tersebut, Bupati Manggarai Agas Andreas berpesan agar para Kepala Desa agar bekerja mengikuti aturan yang ada dan tidak boleh merombak perangkat desa sebelumnya tanpa ada alasan jelas.

 

“Sebab pembangunan butuh kerjasama, bukan kehebatan tersendiri. Kita bukan superman, tapi kita supertim,” ujar Bupati Manggarai, Agas Andreas, Sabtu (1/7/2023).

 

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas menerangkan, pelantikan dilaksanakan tidak secara serempak, tetapi dilaksanakan di masing-masing desa karena atas kemauan masyarakat untuk mengetahui pemimpinnya. Selain itu, pelantikan delapan Kepala Desa dilakukan di tempat wisata pantai Ligota, guna mempromosikan destinasi wisata tersebut agar makin terkenal agar makin banyak pengunjung yang datang berwisata untuk memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat setempat dan juga PAD.

 

Agas juga menerangkan, pelantikan ini dilakukan sebagai puncak dari pesta Demokrasi Pilkades tentang bagaimana kita memilih dan menentukan pempimpin. Ia menekankan sejumlah poin penting bagi para Kades yang telah dilantik.

 

Adapun poin-poin penting itu diantaranya, diminta kepada Kepala Desa yang dilantik untuk segera merangkul kembali baik antara sesama Calon Kepala Desa maupun masyarakat. Karena Kepala Desa adalah pemimpin masyarakat dan tidak boleh membeda-bedakan antara yang memilih maupun yang tidak memilih.

 

Pengelolaan anggaran dana desa harius dilakukan dengan baik dan transparan. Tidak boleh melakukan korupsi guna kepentingan pribadi maupun kelompok dan harus bermitra dengan BPD untuk kemajuan pembangunan desa, serta ciptakan inovasi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat desa.

 

Agas juga menyampaikan terimakasih kepada Panitia Lokal Desa dan Panitia Kabupaten serta aparat keamanan Polri/TNI yang telah menyelenggarakan Pilkades dengan aman dan sukses. Begitu juga kepada tokoh masyarakat yang terlibat aktif menjaga keamanan untuk kelancaran pesta demokrasi tersebut.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *