Desa Doloduo Dua Raih Juara Desa Tingkat Nasional

Kantor Desa Doloduo Dua, Kecamatan Dumoga Barat, Bolmong, Sulawesi Utara. Sumber foto: Website Desa Doloduo Dua

BOLMONG – Desa Doloduo Dua, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow meraih juara pertama Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

 

”Sangat bangga. Ini semua karena support pemerintah kabupaten membuat Desa Doloduo Dua bisa bersaing pada lomba desa untuk mewakili Sulut di tingkat nasional,” kata Kepala DPMD Bolmong, Abdusalam Bonde, Sabtu (1/7/2023).

 

Berdasarkan hasil penilaian administrasi dan klarifikasi lapangan Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Provinsi Sulut Tahun 2023, masing-masing kepala desa akan memaparkan tentang profil, keunggulan/potensi, inovasi desa.

 

Waktu pemaparan maksimal 60 menit, yakni 10 menit penayangan video, 10 menit pemaparan, dan 40 menit tanya jawab.

 

Pada Senin (3/7/2023), desa wajib menghadirkan kepala desa, Ketua TP-PKK, BPD, LPM, dan Karang Taruna di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulut.

 

Abdusalam Bonde juga mengungkapkan bahwa keberhasilan Desa Doloduo Dua ini tak lepas dari perhatian Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit; Sekda Bolmong, Tahlis Gallang; dan beberapa jajaran dinas terkait.

 

Dari penilaian ini juga, juara dua diraih Desa Malola I, Kabupaten Minahasa Selatan dan Desa Karatung, Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai juara tiga.

 

Di samping itu, Ketua Tim Penilai, Jimmy S Kumendong, mengatakan bahwa Doloduo merupakan desa keempat dari enam desa yang akan dinilai.

 

“Doloduo adalah desa keempat yang kami nilai, di mana dalam lomba ini sudah pada tahapan kedua. Di mana pada tahapan pertama adalah tahapan penilaian administratif dan saat ini adalah klarifikasi lapangan tim kami,” ucapnya.

 

Lanjut Jimmy Kumendong, alasan penilaian dikarenakan Desa Doloduo II ini adalah juara tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow.

 

“Doloduo II adalah juara tingkat kabupaten. Untuk itu masuk dalam penilaian tingkat provinsi tahun 2023,” ucapnya.

 

Sementara itu Kepala Desa Doloduo II, Wawan Bonde, mengaku siap untuk penilaian yang dilakukan hari ini.

 

“Kami siap dan semua yang diperlukan dalam penilaian ada,” ucapnya.

 

Wawan Kumendong berharap Desa Doloduo II bisa jadi juara dan mewakili provinsi untuk lomba tingkat regional.

 

“Hal ini tentu membanggakan kami selaku masyarakat Doloduo II, karena bisa mewakili Kabupaten Bolmong,” tambahnya.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *