Pecalang Desa Adat Bali Amankan Perayaan Sholat Idul Adha

Ilustrasi Pecalang Bali Sumber: Instagram @sayasultan
Ilustrasi Pecalang Bali Sumber: Instagram @sayasultan

KUPANG Pecalang Desa adat Bali turut memberikan keamanan terhadap umat muslim yang menjalankan sholat Idul Adha di Karangasem Bali. Upaya tersebut ditunjukkan sebagai rasa toleransi terhadap umat agama lain yang sedang menjalankan ibadah.

 

“Tugas pecalang memastikan keamanan setiap umat muslim yang datang ke lokasi untuk menjalankan ibadah salat Iduladha,” kata Pecalang Jagabaya Desa Adat Karangasem I Gede Putu Budiasa, Kamis (29/6/2023).

 

Ia juga mengatakan pihaknya memang selalu aktif melakukan pengamanan ibadah umat Islam di Masjid. Tidak hanya ketika sholat id Idul Adha dan Idul Fitri, pengamanan juga dilakukan ketika ada jumatan.

 

Terakhir, Budiasa menuturkan terkait pencagaan setiap perayaan keagamaan biasanya pecalang desa adat melibatkan 10 hingga 15 orang, selama kegiatan keagamaan berlangsung.

 

“Apabila dalam satu desa ada lokasi yang digunakan oleh umat muslim untuk melaksanakan salat, maka pihak pecalang desa setempat yang akan bertugas mengamankan bersama pihak kepolisian. Demikian pula dengan pelaksnaan hari besar agama yang lainnya, pecalang akan melakukan hal serupa,” pungkasnya.

 

Penulis: Afn

Editor: Muhklis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *