Optimalisasi Dana Desa, Bangun Pabrik Kelapa Sawit

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik sawit Oleh Pj Bupati Aceh Jaya Nurudin, Sumber foto: https://www.acehjayakab.go.id/
Peletakan batu pertama pembangunan pabrik sawit Oleh Pj Bupati Aceh Jaya Nurudin, Sumber foto: https://www.acehjayakab.go.id/

Aceh Jaya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya lakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS). Pembangunan tersebut adalah hasil optimalisasi Dana Desa se-Kabupaten Aceh Jaya dengan tujuan peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

“PKS ini merupakan milik masyarakat Aceh Jaya, karena sahamnya merupakan dana desa yang dikumpulkan dari 172 desa se Aceh Jaya,” kata Pj Bupati Aceh Jaya Nurdin, Senin (26/6/2023).

 

Nurdin menjelaskan, masyarakat Aceh Jaya patut bangga dengan berdirinya PKS ini, sehingga kedepannya dapat membantu meningkatkan perekonomian warga Aceh Jaya.

 

“Kita harus bangga, harapannya ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani sawit,” ujarnya.

 

Nurdin mengatakan, adapun potensi yang telah disiapkan oleh Aceh Jaya, yaitu Bumdesma ini bisa menjadi holding bagi ekonomi masyarakat setempat dengan berbagai anak perusahaan yang telah disiapkan.

 

“Untuk pembangunan PKS ini sendiri ditargetkan 14 bulan dan 14 bulan ini sudah mengucurkan CPO nya,” katanya.

 

Dirinya juga menjelaskan, selain saham PKS ini bersumber dari dana desa yang dikumpulkan pada tahun anggaran (TA) 2022 sebesar Rp25 juta per desa, dan TA 2023 sebesar Rp100 juta per desa, pihaknya juga akan menggandeng perbankan untuk proses percepatan pembangunannya.

 

Dirinya menyebutkan, tidak hanya PKS saja kegiatan yang berada dibawah Bumsdesma  Aceh Jaya, melainkan ada juga pabrik air minum kemasan yang sedang disiapkan.

 

Kemudian nantinya ada juga pembangunan pengembangan lembaga keuangan mikro syariah yang bekerjasama dengan pusat investasi pemerintah. Lalu, juga sedang disiapkan untuk pengiriman biomes hasil kerjasama dengan sejumlah partner.

 

“Selain itu, sedang disiapkan juga usaha SPBU dan modern di Aceh Jaya, beberapa usaha ini diharapkan menjadi lokomotif ekonomi Aceh Jaya kedepannya,” ujar Nurdin.

 

Informasi, pabrik kelapa sawit ini dibangun berada di Desa Patek, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *