PLN Akselerasi Program Listrik Desa 3T

Ilustrasi PLN di Desa, Sumber foto: freepik. Com
Ilustrasi PLN di Desa, Sumber foto: freepik. Com

Sumatera UtaraPLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara selama tahun 2022 telah melistriki 2.665 pelanggan. Hal itu sebagai komitmen untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat hingga ke pelosok daerah.

 

“PLN sebagai salah satu perusahaan BUMN bidang ketenagalistrikan berkewajiban untuk melistriki sekaligus mengemban amanat dalam mengejar target rasio desa/dusun dan rasio elektrifikasi khususnya di Sumatera Utara,” ujar General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid, Minggu (25/6/2023).

 

Awaluddin mengatakan, PLN terus mengakselerasi program listrik desa agar seluruh kawasan 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) di Sumatera Utara dapat menikmati listrik pada 2024.

 

Awaluddin juga menyebutkan, saat ini listrik telah menjadi kebutuhan utama rakyat. Dengan itu, PLN terus berupaya membangun kelistrikan di berbagai daerah dengan berkolaborasi bersama pemerintah provinsi dan daerah khususnya di daerah 3T dalam mewujudkan Sumatera Utara terang tahun 2024.

 

Sepanjang tahun 2022 sebanyak 31 desa baru dan lama serta 38 dusun baru dan lama telah terlistriki. Hingga Mei 2023, realisasi rasio elektrifikasi Sumatera Utara mencapai 99,80 persen, sedangkan rasio desa berlistrik mencapai 98,97 persen.

 

Awaluddin menjelaskan, PLN berhasil membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 108,89 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) 107,04 kms, serta gardu distribusi sebanyak 54 unit dengan total kapasitas sebesar 3.300 kilo Volt Ampere (kVA).  Dalam mengejar target pembangunan infrastruktur desa berlistrik, PLN melakukan transformasi digitalisasi dalam pemetaan lebih komprehensif. Sebelumnya, pemetaan dilakukan secara manual dengan mengumpulkan data melalui survei langsung ke lokasi sehingga menghabiskan banyak waktu.

 

“Kini melalui geographic information system (GIS) PLN mampu melakukan pemetaan lokasi secara digital dengan menghitung jarak, ketinggian dan data proyeksi kebutuhan infrastruktur kelistrikan desa,” ujarnya.

 

Ia juga menjelaskan, dengan digitalisasi, perencanaan pembangunan desa dapat lebih cepat dan akurat serta dapat dimonitor secara real time. Dalam upaya menghadirkan listrik ke desa, PLN memiliki berbagai tantangan salah satunya akses jalan di daerah-daerah yang terisolir, namun PLN optimistis mampu melistriki seluruh desa pada 2024.

 

“PLN selalu dibantu oleh masyarakat sekitar untuk bahu membahu dalam proses pendistribusian material pembangunan jaringan,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, hal tersebut berkat antusiasme masyarakat dengan hadirnya PLN di desa. Tidak hanya itu, peran kolaborasi antara PLN dengan pemerintah daerah sangat penting demi kelancaran pembangunan jaringan listrik.

 

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah membantu PLN menghadirkan listrik bagi masyarakat yang berada di daerah 3T. PLN terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan Sumatera Utara terang pada 2024,” ucapnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *