Inovasi Desa Unggul Lolos 99 Top Inovasi Nasional

Ilustrasi inovasi desa unggul Kabupaten Bima Sumber Foto: bimakab.go.id
Ilustrasi inovasi desa unggul Kabupaten Bima Sumber Foto: bimakab.go.id

BIMA – Inovasi Desa Unggul Pertanian Sensitif Gizi Kabupaten Bima berhasil masuk dalam Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023. Nominasi 99 inovasi tersebut terdiri dari sembilan inovasi kementerian, tujuh inovasi lembaga, dan satu inovasi BUMN.

 

“Tidak sulit menjadi desa unggul, tinggal bagaimana memoles potensi yang ada menjadi lebih baik. Inovasi ini menjadi contoh bagaimana konsep desa unggul yang akan dikembangkan oleh Pemda Bima,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bima, Safriatna Ach, dalam keterangan tertulis Minggu (25/6/2023).

 

Menurutnya, Inovasi Desa Unggul Pertanian Responsif Gizi ini bertujuan untuk melahirkan semua desa agar memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan karakteristik wilayahnya. Ia mengambil contoh bagaimana pengelolaan pertanian yang ramah lingkungan dengan pola sistem sederhana.

 

”Petani menanam jenis tanaman yang dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari, sehingga berdampak pada penyelesaian masalah stunting yang ada di desa,” sebutnya.

 

Harapannya, dengan munculnya desa unggul, akan berdampak pada berkembangnya BUMDES. Selain itu juga bisa meningkatkan pendapatan asli desa (PAD), hingga berkurangnya kemiskinan.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *