Pembangunan Koperasi Mudahkan Pelayanan APDESI Halmahera Selatan

Rakor antara DPC Apdesi Halmahera Selatan bersama OKP, Paguyuban dan LSM, Senin (19/6/2023). Sumber foto: Istimewa

HALMAHERA SELATAN – Pengurus DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Halmahera Selatan, Maluku Utara menargetkan pembangunan Koperasi untuk setiap Kepala Desa. Koperasi itu nantinya akan menjamin kemudahan pelayanan Kepala Desa terhadap pelaksanaan programnya di masyarakat.

 

“Kita akan bahas juga koperasi Apdesi. Di mana, lewat koperasi ini dapat membantu teman-teman Kades,” ujar Ketua DPC APDESI Halmahera Selatan, Iswadi Ishak di sekretariat APDESI, Desa Tomori, Kecamatan Bacan, usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pada Minggu (18/6/2023).

 

Rapat Koordinasi (Rakor) itu diikuti oleh sejumlah OKP, Paguyuban dan LSM. Di samping itu, rapat tersebut juga ditandai penandatangan MoU terkait rekrutmen tenaga kerja dengan pihak industri pertambangan.

 

Melalui MoU itu, para kepala desa berkewajiban mengeluarkan surat keterangan terkait status kependudukan terhadap warga sebagai syarat melamar kerja di industri pertambangan.

 

Iswadi juga mengatakan masukan tersebut bakal dibahas dalam rapat kerja cabang (Rakercab) bersama 249 Kades seusai pelantikan pengurus APDESI pada Kamis 22 Juni 2023 di lapangan Meredeka Desa Labuha, Kecamatan Bacan.

 

Selain itu, lanjut Iswadi, APDESI Halmahera Selatan tetap mambangun kemitraan dengan seluruh OKP, Paguyuban, LSM maupun Pers.

 

“Kemitraan ini agar kita sama-sama bertukar ide dan gagasan. Karena bagaimanapun, mereka punya peran penting mengawasik jalannya pemerimtahan di desa,” terangnya.

 

Kades Dolik Kecamatan Gane Barat Utara ini juga menambahkan bahwa pada pelantikan pengurus DPC Apdesi Halmahera Selatan periode 2023-2028 ini, Sekjen Kemendes-PDTT Taufik Madjid dan Ketum DPP APDESI Surta Wijaya dipastikan hadir.

 

“Inshaallah kalau tidak berhalangan mereka akan hadir. Kemudin Dewan Pembina kita yakni Pak Bupati Halmahera Selatan juga beliau akan hadir,” tandasnya.

 

Selain penandatanganan MoU, jajaran pengurus APDESI Halmahera Selatan mendapat berbagai masukan.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *