Ada 121 KK di Halmahera Selatan Terdampak Banjir Bandang

Banjir bandang di Desa Kawasi Kecamatan Obi. Sumber foto: BPBD Halmahera Selatan

BACANBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Selatan, Maluku Utara mencatat, sebanyak 121 kepala keluarga (KK) di Desa Kawasi, Kecamatan Obi, terdampak banjir bandang, pada Jumat (16/6/2023).

 

Kepala BPBD Halmahera Selatan M Ikhwan Iskandar mengatakan bahwa 121 KK tersebut telah diberikan bantuan paket sembako dari Harita Nickel melalui ENVIRO dan CSR.

 

“Kemudian mereka melakukan intervensi penanganan di titik meluapnya air menggunakan alat berat dan pembersihan di pemukiman terdampak,” katanya, Minggu (18/6/2023).

 

Ikhwan menyebut, BPBD telah memberikan imbauan kepada warga Desa Kawasi agar senantiasa waspada bilamana banjir kembali terjadi.

 

Selain itu, BPBD merekomendasikan kepada Harita Nickel untuk melakukan intervensi lanjutan seperti normalisasi sungai sepanjang 100 meter, perbaikan dan pelebaran jembatan serta membangun tanggul sepanjang 100 meter.

 

“Karena luapan air sungai pada beberapa titik yang tanggulnya sedang dikerjakan, sehingga air meluap ke pemukiman warga dengan ketinggian rata-rat 40 cm,” terang dia.

 

“Kemudian di area jembatan merah Desa Kawasi, kita rekomendasikan pelurusan sungai 200 meter, membuat tanggu 100 meter dan melakukan penimbunan di area terdampak agar tidak ada genangan air,” sambung Ikhwan.

 

Meski begitu, tidak ada korban jiwa dan kerugian materil dari warga desa setempat dalam bencana alam ini.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *