Ada Dana Desa Diduga Mengalir untuk KKB

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. Sumber foto: Dok Humas Polri
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. Sumber foto: Dok Humas Polri

PAPUA, – Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Papua memerintahkan sejumlah polres menyelidiki penyaluran dana kampung (dana desa) untuk membantu kelompok kriminal bersenjata (KKB). Hingga saat ini, ada sejumlah polres yang telah menyelidiki penyaluran dana kampung untuk membantu KKB.

 

“Sudah ada beberapa kepala kampung yang saat ini menjalani proses pemeriksaan terkait dana kampung yang disalurkan ke KKB sehingga digunakan untuk membiayai operasional kelompok tersebut, ” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Sabtu (17/6/2023).

 

Mathius menegaskan, apabila ada keterlibatan kepala kampung atau siapa pun dalam penyaluran dana kampung ke KKB, pihaknya akan menindak tegas dengan memproses hukum mereka. Hingga kini proses pemeriksaan masih berlangsung oleh penyidik.

 

“Saat ini sudah ada beberapa kepala kampung yang ditahan dan sedang dalam pemeriksaan penyidik terkait penggunaan dana kampung yang diberikan kepada KKB,” paparnya.

 

Lebih lanjut, Mathius mengatakan selain di Kabupaten Nduga, ada pula di beberapa wilayah yang menjadi perhatian kepolisian. Sehingga, para kapolres setempat diminta untuk mendalami dan memproses hukum bila ada indikasi penyaluran dana kampung kepada KKB.

 

Diketahui, dana kampung itu diberikan untuk membantu mempercepat proses pembangunan di kampung sehingga pemanfaatannya sesuai program yang sudah disepakati bersama. Bukan malah sebaliknya, dana tersebut diberikan kepada KKB yang sering membuat resah masyarakat sehingga apabila terindikasi maka kepala kampung akan diproses hukum

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *