Desa Lewokluok Kembali Adakan Festival Ritual Koke Bale

Prosesi Ritual Koke Bale di Desa Lewokluok Sumber Foto: florestimurkab.go.id
Prosesi Ritual Koke Bale di Desa Lewokluok Sumber Foto: florestimurkab.go.id

FLORES TIMUR – Masyarakat Desa Lewokluok, Kabupaten Flores Timur kembali menggelar Festival dan Ritual Koke Bale tahun 2023. Kegiatan ini melibatkan Desa Bama dan Blepanawa sebagai satu rumpun keluarga besar yang akan berlangsung dari tanggal 5 Juli sampai 21 Juli 2023 mendatang.

 

“Kemeriahan semua rangkaian akan diawali dengan Ritual Koke Bale tanggal 5 Juli 2023,” kata Kepala Desa Lewokluok, Yosep Ike Goran, Rabu (14/6/2023).

 

Dalam ritual tersebut, tetuah Suku Kabelen, Lein dan Goran akan memimpin semua anak sukunya melakukan seremonial adat pembersihan sekitar lingkungan Koke Bale (rumah adat). Ritual adat di ini memang berlangsung setiap tahunnya.

 

“Setelah seremonial adat, pada tanggal 12 Juli nanti kita lakukan pengatapan Koke (rumah adat),” tambahnya.

 

Pergelaran festival ini diyakini membawa dampak positif bagi masyarakat setempat. Ajang ini sekaligus dijadikan promosi bagi khalayak luas tentang budaya Kampung Lewokluok.

 

“Ritual ini setiap tahun, jadi kita pancing dengan festival supaya menggugah anak-anak agar kemabali pulang membangun kampung,” harapnya.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Flores Timur, Katarina Riberu, mendukung penuh kegiatan hasil inisiatif masyarakat tersebut. Katarina berharap Festival dan Ritual Koke Bale menjadi kekuatan wisata budaya agar tetap lestari, selaras dengan namanya yang kian populer di indera masyarakat seantero nusantara.

 

“Pemerintah daerah tentu mendukung dengan mendampingi dan memfasilitasi Festival dan Ritual Koke Bale ini,” tutupnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *