Site icon Kolom Desa

UMKM Desa Gunung Putri Ubah Sampah Jadi Rupiah

Ilustrasi Sampah, Sumber Foto: Freepik

Ilustrasi Sampah, Sumber Foto: Freepik

BOGOR – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) Desa Gunungputri, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor sukses merubah sampah jadi pundi-pundi rupiah. Mereka mengubah sampah-sampah yang merupakan hasil pilahan di bank sampah menjadi barang-barang yang bernilai jual.

 

“Sampah yang sudah dipilah sebagian dijual, tapi sebagian sampah yang dipilah itu yang bisa didaur ulang ya ini. Seperti dari bungkus kopi, botol minuman, koran,” kata Rina Hatibi pengelola Bank Sampah, Selasa (13/6/2023).

 

Barang-barang hasil dari sampah itu dibentuk melalui kerajinan tangan. Hasilnya produknya dapat berupa tas, tempat tisu, topi hingga pajangan bunga plastik.

 

Hasil dari produk itu peminatnya sampai luar kota Bogor. Ketika pemesan berlokasi diluar Kota Bogor, maka barang akan dikirimkan melalui jasa pengiriman. Diantaranya yang paling diminati adalah tas, dompet dan pajangan bunga plastik.

 

“(Peminat dari luar Bogor) Yang simpel, lebih ke tempat tisu, dompet, tas, kembang juga, tapi kebanyakan yang bisa di-packing aja,” kata Rina Hatibi.

 

Karya kerajinan warga Desa Gunungputri dari sampah ini, bernilai jual yang paling murah di angka Rp 15 hingga Rp 150 Ribuan.

 

Rina menambahkan , bahwa bank sampah di Desa Gunungputri akan terus dikembangkan. Dari target total 46 RT se-Desa Gunungputri, sementara baru 22 RT yang aktif memiliki bank sampah dan memiliki karya kerajinan bernilai jual dari sampah ini.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version