Bangunan SMP Desa Panut Habis Terbakar

Bangunan SMP Panut Habis Terbakar. Sumber foto: ip.kapuaskab.go.id
Bangunan SMP Panut Habis Terbakar. Sumber foto: ip.kapuaskab.go.id

MURUNG RAYA – Kebakaran di gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Panuut, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah. Kejadian ini diduga disebabkan oleh korsleting listrik.

 

 

“Kebakaran itu menimpa bangunan sekolah SMP 8 Satu Atap di Desa Panuut. Sekolah tersebut terdapat tiga ruang kelas, satu ruang kantor dan satu ruang aula dan untuk rumah yang terdampak ada satu unit,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya, Fitrianul Fahriman, Senin (12/6/2023)

 

 

Menurut Fitrianul, rumah yang terkena dampak tersebut ditempati oleh satu kepala keluarga yang terdiri dari tiga orang. Tidak ada laporan mengenai korban jiwa atau cedera akibat kebakaran yang terjadi pada pukul 11.43 WIB.

 

 

Fitrianul menyatakan bahwa dalam upaya pemadaman gedung sekolah tersebut, mereka mendapatkan bantuan dari aparat TNI dan Polri, serta masyarakat di desa sekitar dan pendapat yang serupa juga disampaikan oleh Kapolsek Murung, Ipda Catur Iga. Menurut Kapolsek, berdasarkan data awal yang dikumpulkan oleh anggotanya di lokasi kejadian, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek pada arus listrik.

 

 

“Untuk hasil awal personel kami dari TKP penyebabnya diduga korsleting listrik arus pendek. Sementara hanya itu selanjutnya nunggu proses penyidikan,” jelas kapolsek.

 

 

Dalam konteks yang berbeda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya, Ferdinand Wijaya, menyatakan bahwa mereka segera mengambil langkah cepat untuk meminimalisir dampak jangka panjang terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut. Setelah mendapatkan informasi tentang kejadian tersebut, pihaknya segera menghubungi kepala sekolah dan para guru untuk berkoordinasi mengenai lokasi sementara untuk kegiatan belajar mengajar.

 

 

Sebagai Informasi, Kepsek dan guru-gurunya tadi ke kantor untuk memastikan tempat belajar mengajar sementara. Hasil koordinasi pada rapat bersama guru dan kepseknya untuk sementara meminjam bangunan SD dan TK di desa tersebut.

 

 

Penulis: Devi arp

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

satu Respon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *