Tingkatkan Penghasilan Warga, Tekad Buat Demplot Pertanian

Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) membuat demplot pertanian di Desa Rumahsoal Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Sumber foto: Istimewa

MALUKU – Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) membuat demplot pertanian di Desa Rumahsoal Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Hal ini disinyalir mampu meningkatkan pengasilan rumah tangga dan penghasilan kelompok sasaran.

 

“Dari demplot kelompok pertanian yang difasilitasi TEKAD, anggota kelompok kami mendapatkan pendapatan bersih satu juta per KK. Inilah mengapa kami sangat berterima kasih dengan adanya program TEKAD di desa kami,” tegas Ketua Kelompok Demplot Lukas Matital dalam sesi tanya jawab bersama IFAD yang digelar di Balai desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (08/06/2023).

 

Lukas mengungkapkan, demplot yang dimulai sejak Oktober 2022 itu, menanam berbagai komoditas pertanian seperti kubis, kol dan sebagainya.

 

Kontur tanah yang subur serta iklim yang mendukung membuat komoditas pertanian tumbuh dengan baik dan menghasilkan.

 

“Kelompok demplot itu sendiri beranggotakan 20 orang Kepala Keluarga,” katanya.

 

Lukas mengakui jika masih ada satu kendala yang dihadapi untuk meningkatkan pendapatan dari demplot pertanian inisiasi TEKAD tersebut. Menurutnya ongkos distribusi panen masih cukup tinggi.

 

“Hal itu dikarenakan akses jalan yang buruk untuk menuju kota, kami berharap pemerintah bisa memperbaiki akses jalan ini sehingga hasil panen bisa dijual secara optimal,” katanya.

 

Penulis: Ulfa

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *