Posyantek Desa Talihan Bontang Dinobatkan Sebagai Juara Pertama dalam GTTGN 2023

Posyantek Desa Telihan Bontang dinobatkan sebagai juara pertama. Sumber foto: diskominfo.kaltimprov.go.id
Posyantek Desa Telihan Bontang dinobatkan sebagai juara pertama. Sumber foto: diskominfo.kaltimprov.go.id

BONTANG – Pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV Tahun 2023 di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) dari Desa Telihan, Bontang, Kalimantan Timur, meraih juara pertama tingkat nasional.

 

 

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Posyantek Telihan Kota Bontang atas penghargaan nasional ini. Kami berharap prestasi nasional ini bisa menjadi motivasi desa lain di Kaltim untuk meraih hal yang sama pada event GTTGN tahun mendatang,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kaltim Anwar Sanusi dalam keterangan di Samarinda, Rabu (07/06/2023).

 

 

Untuk menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Anwar Sanusi hadir mewakili Gubernur Kaltim. Kemudian Anwar menjelaskan bahwa GTTGN tahun ini dengan tema “Inovasi Tanpa Henti, Menguatkan Daya Saing Desa, dan Menyejahterakan Warga” akan diadakan di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim Bandar Lampung dari tanggal 1 hingga 11 Juni 2023.

 

 

Prestasi nasional ini adalah hasil dari upaya masyarakat Kaltim dalam GTTG Tingkat Provinsi Kaltim yang diadakan di Kota Bontang pada Mei 2023. Posyantek Desa Telihan, Kota Bontang, merebut juara pertama Provinsi Kaltim setelah menyingkirkan Posyantek Desa Cendekia, Kabupaten Mahakam Ulu, dan Posyantek Desa Berlian, Kota Bontang, masing-masing.

 

 

“Teknologi tepat guna ini perlu dikembangkan oleh kabupaten dan kota yang lain sehingga muncul juara posyantek berikutnya,” ujar Anwar.

 

 

Ia berpesan kepada masyarakat Kaltim untuk selalu berinovasi dan berkarya. Untuk menciptakan teknologi yang sesuai dengan kondisi budaya dan ekonomi serta penggunaannya harus ramah terhadap lingkungan.

 

 

Sebagai infromasi, Pada GTTGN XXIV Tahun 2023 tersebut juga diberikan penghargaan kepada Gubernur Kaltim Isran Noor atas kontribusi dan kerja keras dalam pembinaan pengembangan teknologi tepat guna desa.

 

 

 

Penulis: Devi arp

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *