Pemprov Lampung Ajak Perguruan Tinggi Kembangkan TTGN di Desa

Pemprov lampung Arinal Djunaidi. Sumber foto: lampungprov.go.id
Pemprov lampung Arinal Djunaidi. Sumber foto: lampungprov.go.id

Lampung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengajak perguruan tinggi yang ada di daerahnya untuk ikut serta dalam pengembangan Teknologi Tepat Guna Nusantara di desa. Tujuannya agar membantu perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.

 

“Perguruan tinggi harus ikut serta dalam pengembangan teknologi tepat guna di desa, untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa,” ucap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Rabu (07/06/2023).

 

Arinal Djunaidi mengatakan, dengan banyaknya inovasi teknologi tepat guna yang akan dihasilkan dari desa dengan adanya gelaran tersebut, pihaknya mengajak perguruan tinggi yang ada di daerahnya untuk ikut serta dalam pengembangan inovasi desa.

 

“Tahun ini Lampung menjadi tuan rumah Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara, dan dari kegiatan ini akan banyak inovasi yang terbentuk,” ujarnya

 

Dia juga menjelaskan, dengan ikut sertanya perguruan tinggi dalam pengembangan teknologi di desa, maka akan mempercepat alih teknologi dari penemu kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di desa.

 

“Teknologi tepat guna ini mendorong pemberdayaan desa di Lampung secara luas. Meski begitu masih tetap membutuhkan institusi pendidikan untuk menyempurnakannya, nanti juga akan menggandeng perguruan tinggi untuk mengembangkan teknologi di desa agar semakin baik,” katanya.

 

Arinal Djunaidi menambahkan, bahwa inovasi menjadi salah satu aspek penting, sehingga akan semakin banyak menciptakan inovator baru terlebih lagi perkembangan digital serta teknologi semakin canggih.

 

“Jadi hasil dari inovasi itu selain digunakan oleh masyarakat desa untuk mengembangkan kegiatan ekonomi berbasis potensi daerah. Melalui ajang ini diharapkan juga dapat terjadi pertukaran ilmu dan informasi terkait teknologi dan inovasi antar daerah dan provinsi,” tambahnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *