Site icon Kolom Desa

Perbaikan Jalan Desa Panaitan Setelah 15 Tahun Rusak

Rencana Perbaikan Jalan Desa Panaitan Setelah 15 Tahun Rusak. Sumber foto: freepik

Rencana Perbaikan Jalan Desa Panaitan Setelah 15 Tahun Rusak. Sumber foto: freepik

BALANGAN Dinas PUPRP Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan akan melakukan  perbaikan jalan di Desa Panaitan RT.06, Kecamatan Lampihong karena kurang lebih 15 tahun telah mengalami kerusakan yang sangat parah.

 

 

“Insya Allah nanti pada APBD murni 2025 kami anggarkan, tetapi kalau bisa tahun depan akan kami usahakan tahun depan,” kata Kabid Bina Marga Dinas PUPRP Balangan Rina Ariyani saat dikonfirmasi di Paringin, Jum’at (02/06/2023)

 

Ruas jalan tersebut sebelumnya sudah pernah di usulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yaitu pada tahun 2020-2022, akan tetapi belum tembus. Pemerintah daerah terus mengupayakan untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat Balangan, terlebih pelayanan terhadap akses jalan bagi warga setempat.

 

Hasbi selaku warga setempat mengatakan, jalan di desanya yang memiliki panjang kurang lebih lima kilo meter dan panjang empat meter tersebut sudah hampir 15 tahun belakangan rusak, belum pernah dilakukan pengaspalan oleh pemerintah daerah. Akses untuk pergi berkwbun menjadi terhambat akibat jalan yang rusak tersebut.

 

“Sebagian juga ada warga yang memilih akses jalan ini untuk pergi ke kebun namun harus menghadapi risiko yang tinggi, yaitu sampai terjatuh akibat jalan yang rusak,” ungkap Hasbi.

 

Mayoritas warga yang memiliki kebun di wilayahnya terpaksa harus memutar dengan jarak dua kali lebih jauh karena sulitnya jalan untuk dilewati. Ketika musim panas sekarang jalan kering dan beceknya kurang, akan tetapi ketika hujan sekali saja terjadi langsung menjadi bak kubangan kerbau.

 

“Kami sendiri sudah terbiasa dengan jalan ini karena cuman jalan ini akses terdekat menuju pekerjaan, dan berharap kepada pemda agar dapat diperhatikan karena kami juga ingin merasakan jalan bagus seperti desa tetangga,” tuturnya.

 

sekilas informasi bahwasanya jalan tersebut juga menyambungkan dua desa, yaitu antara Desa Panaitan dan Desa Tampang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan.

 

 

 

Penulis: Devi arp

Editor: Mukhlis

Exit mobile version