Hujan Deras, Jalan Desa Terendam Banjir

Ilustrasi foto Jalanan Banjir, sumber foto, freepik.com
Ilustrasi foto Jalanan Banjir, sumber foto, freepik.com

Jambi – Ruas jalan Desa Nyogan Kecamatan Mestong menuju Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi kembali terendam banjir. Banjir ini dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak beberapa waktu belakangan.

 

“Hujan deras langsung banjir,” kata Heru pengguna jalan.

 

Heru juga menyatakan, jika lokasi ini memang langganan banjir, bahkan dalam waktu satu tahun banjir bisa  terjadi lebih dari dua kali. Ia juga menegaskan, lokasi ini memang kerap mengalami banjir. Bahkan jika tidak banjir, di kedua sisi badan jalan kerap tergenang air.

 

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan naiknya volume air di wilayah daratan. Intensitas hujan yang relatif tinggi ini dapat menyebabkan daerah aliran air, seperti sungai, tidak lagi mampu menahan air yang ada. Alhasil, air sungai akan meluap.

 

Banjir setinggi 40 cm ini menutupi badan jalan sehingga kendaraan roda dua maupun empat yang melintas dianjurkan ekstra hati-hati karena juga terdapat beberapa lubang yang dapat menyebabkan kendaraan terperosok

 

Saat banjir seperti ini, TNI dan Polri serta dibantu warga setempat mencoba untuk mengatur arus lalu lintas agar kendaraan yang melintas tidak terperosok ke dalam lubang yang ada di tengah genangan air. Terlebih jalan ini merupakan akses utama yang dipergunakan masyarakat menuju Sungai Bahar.

 

“Lokasi ini memang langganan banjir. Untuk itu, harap berhati-hati,” ungkap Bripka Ijhon.

 

Sekedar informasi, bagi masyarakat yang hendak menuju ke  Sungai Bahar ataupun sebaliknya, diharap bisa menempuh jalan alternatif lain karena jalan ini bisa membahayakan bagi pengendara.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *