Banjarmasin Canagkan Kampung Merah Putih Pada Hari Lahir Pancasila

Banjarmasin Canagkan Kampung Merah Putih Pada Hari Lahir Pancasila. Sumber foto: banjarmasinkota.go.id
Banjarmasin Canagkan Kampung Merah Putih Pada Hari Lahir Pancasila. Sumber foto: banjarmasinkota.go.id

BANJARMASIN – Kampung Merah Putih atau biasanya disingkat Kamaratih, bertepat di Jalan Cengkeh dan Jalan Ar-Rahman, Sungai Andai, Banjarmasin Utara telah diresmikan oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2023.

 

“Ini sebagai simbol cinta tanah air dan bangsa,” ujar Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Kamis (6/1/2023).

 

Pencanangan Kampung Merah Putih di Sungai Andai menjadi satu-satunya di Kota Banjarmasin , bahkan untuk di Provinsi Kalsel tersendiri. Belum ada kabar dari daerah lain yang sudah membentuk kampung merah putih ini, khususnya di Kalimantan ini.

 

Terbentuknya kampung merah putih ini berawal dari warga setempat yang secara bersama-sama mengibarkan bendera merah putih dengan ukuran yang sama dan ditancapkan di depan rumah mereka masing-masing. Kegitan ini bagian dari edukasi kepada generasi yang akan datang termasuk juga untuk warga Kota Banjarmasin agar bisa menjadi tempat wisata edukasi.

 

H Ibnu sina menjelaskan, bahwasanya kampung merah putih merupakan binaan dari Kesbangpol Kota Banjarmasin melalui Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK). Pencanangan Kampung Merah Putih di Kelurahan Sungai Andai ini merupakan yang pertama dan akan berlanjut ke kelurahan lainnya.

 

“Karena di sini adalah tempat yang paling padat di Kelurahan di Banjarmasin, sehingga diharapkan nanti dengan dimulai dari sini nanti akan menyebar ke semua kelurahan yang ada di kota Banjarmasin,” harapnya.

 

 

Sebagai informasi dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, Ibnu berpesan, sebagai momen mengenang kelahiran Dasar Negara Indonesia, yaitu, Pancasila, saat yang tepat bagi semua untuk merepresentasikan makna dan nilai luhur yang terkandung di dalamnya serta mampu menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari hari.

 

 

Penulis: Devi arp

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *