Mudahkan Akses, Pemdes Bangun Jalan Setapak

Pembangunan Infrastruktur Jalan Setapak di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu. Sumber: Istimewa
Pembangunan Infrastruktur Jalan Setapak di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu. Sumber: Istimewa

TALIABU, –  Pemerintah Desa (Pemdes) Beringin Jaya, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu tengah membangun jalan setapak dengan merealisasikan Dana Desa (DD) tahap I. Peningkatan pembangunan infrastruktur tersebut bertujuan memudahkan akses masyarakat, terutama petani.

 

“Tujuan utamanya mempermudah akses masyarakat saat pergi ke kebun,” kata Kepala Desa Beringin Jaya, Dahir Bura, Selasa (30/5/2023).

 

Dahir menjelaskan, pembangunan jalan setapak itu dimaksudkan untuk memperlancar akses jalan masyarakat dan meningkatan pembangunan infrastruktur jalan desa. Selain itu, jalan setapak yang dibangun tersebut memiliki panjang 200 meter dengan volume lebar 1.5 meter.

 

“Pagu anggaran yang digunakan pembangunan infrastruktur jalan setapak tersebut berasal dari Dana Desa dengan nilai pagu anggaran Rp 169.687.000, masa kerja 120 hari. Dan hasilnya kami realisasikan untuk membangun jalan setapak ini,” jelasnya.

 

Menurutnya, sebagaimana tujuan utama digelontorkannya Dana Desa (DD) itu diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Maka dari itu, penggunaan tenaga kerja dalam pekerjaan ini melibatkan masyarakat setempat.

 

“Pemerintah desa dan BPD bekerja sama untuk mewujudkan kepentingan masyarakat ini. Dan pastinya dalam pengerjaannya kita berdayakan masyarakat setempat,” tegas Dahir.

 

Pihaknya berharap adanya pembangunan jalan setapak tersebut, aktivitas warga yang mayoritas petani dan buruh menjadi lebih mudah dan meningkat.

 

“Adapun kewajiban kami sebagai pemerintah desa dan warga dengan dibangunnya jalan tersebut adalah merawat jalan supaya awet dan tidak cepat rusak. Kalau jalan setapak sudah bagus seperti ini, harapan kita sebagai pemerintah desa ya peningkatan hasil petani menjadi lebih bagus lagi,” tandasnya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *