Kolom Desa

Desa Wisata Nyarai Suguhkan Kolam Alami di Tengah Hutan Tropis

Kolam Alami di Desa Wisata Nyarai terbentuk ratusan tahun. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Nyarai.

PADANG PARIAMAN – Wisata Nyarai terdapat kolam yang terbentuk secara alami. Desa Wisata ini terletak di Nagari Salibutan Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

 

Wisata Nyarai banyak dikelilingi oleh pohon besar sehingga menambah kesan berada di kawasan alam masih asri. Selain itu, sumber mata air yang jernih berasal dari perbukitan menambah kesejukan saat berada di kawasan yang masih hijau ini.

 

Desa Wisata Nyarai yang berada di kawasan hutan lindung tentu kawasan tersebut masih belum mengalami perubahan. Bagi wisatawan yang tertarik dengan kawasan asri tentu sangat cocok. Terlebih kawasan ini terdapat aliran sungai yang sangat dingin ditambah rimbunya pepohonan.

 

Desa Wisata Nyarai dengan wisata unggulan berupa air terjun Nyarai. Selain itu, Kawasan tersebut terdapat kolam  oleh masyarakat sekitar disebut dengan lubuk yang terbentuk secara alami.

 

Proses terbentuknya kolam yang terdapat di Desa Wisata Nyarai sudah sejak pulhan tahun yang lalu. Proses tersebut bermula dari fenomena alam yang terjadi secara terus-menerus Sehingga membentuk lingkaran yang membesar dan dalam.

 

Kegiatan Wisata di Desa  Nyarai Nyarai sejatinya sudah dilakukan sejak lama. Salah satu kegiatan yang pertama kali dilakukan yaitu petualangan wisata pada tahun 2013 silam. Hasilnya, Kelompok Sadar Wisata Nyarai meraih juara dua terbaik di Indonesia tahun 2014.

 

Resmi Berdiri sejak tahun 2021 sejak mendapat SK dari Bupati Padang Pariaman. Sejak saat itu, Desa Nyarai resmi menjalankan Pariwisata sebagai Desa Wisata.

 

“Desa Wisata Nyarai akan mempertahankan wisata lokal yang ada dan terus mengembangkan paket wisata sehingga mampu meningkatkan pengunjung Desa Wisata Nyata dan merasa Nyaman,” Ucap Ketua Pokdarwis Nyarai Ritno Kurniawan, Senin (29/05/2023).

 

Bela Diri Khas Desa Nyarai Salah satu Destinasi Budaya Lokal yang disuguhkan ke wisatawan yang datang. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Nyarai.
Bela Diri Khas Desa Nyarai Salah satu Destinasi Budaya Lokal yang disuguhkan ke wisatawan yang datang. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Nyarai.

 

Daya Tarik Desa Wisata Nyarai

 

Desa Nyarai yang berada di kawasan Hutan lindung potensial dengan akan adanya pariwisata. Destinasi Wisata yang menjadi tujuan paling favorit pengunjung yakni Air Terjun Nyarai dan Lubuk nyarai.

 

Desa Wisata Nyarai  memungkinkan bagi wisatawan untuk dapat merasakan dinginya air dengan cara mandi langsung di area kolam yang disekelilingnya terdapat aliran sungai membentuk air terjun dengan intensitas arus yang tidak terlalu deras. Selain itu, banyaknya pohon dengan daun lebat memberi kesejukan bagi pengunjung yang merasakan destinasi wisata alam ini.

 

Berada di Kawasan Hutan Lindung. Ekosistem yang ada di Desa Nyarai masih terjaga. Masyarakat sekitar tidak sembarangan dalam berburu dan memanfaatkan hutan kecuali diperbolehkan oleh pihak pemerintah Desa Nyarai.

 

Kelebihan Ekosistem di Desa Wisata Nyarai membuat pengelola merancang sebuah konsep wisata berburu Babi. Wisata ini melibatkan wisatawan yang mendapatkan pendampingan langsung dari pengelola Wisata Nyarai. Wisatawan akan merasakan sensasi hidup ditengah hutan belantara dengan mencoba hidup secara survival.

 

Bagi Wisatawan yang datang datang pada saat yang tepat. Wisatawan dapat mengikuti kegiatan panen ikan di kawasan kolam dan aliran sungai nyarai. Pesta panen ikan yang diberi nama Bongka Niaik ini dilakukan saat peringatan maulid nabi Muhammad SAW.

 

Wisatawan yang datang ke Wisata Nyarai dapat melakukan kegiatan kemah. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar tenda yang sudah didirikan. Berbagai suguhan hewan endemik akan terlihat jika beruntung. Salah satunya jenis burung yang cukup terkenal yaitu kuau raja yang saat ini sudah terancam punah.

 

Wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan wisata yang berbau alam Desa Nyarai. Wisata Budaya yang terkenal di Desa Nyarai juga akan dipertontonkan kepada wisatawan. Salah satunya yaitu Wisata Beladiri Kas Desa Nyarai bernama Silek Tuo Nyarai-Sekapur Sirih.

 

Bagi wisatawan yang datang disaat yang tepat, terutama pada tanggal perayaan adat Desa Nyarai. Wisatawan dapat menikmati Kesenian Budaya, seperti Silek, Randai, Ulu  Ambek , dan Pasambahan.

 

Silek Tuo Nyarai – Sekapur Sirih dipertontonkan kepada wisatawan tidak berdasarkan tanggalan tertentu. Sehingga wisatawan yang dapat dapat menikmatinya setiap saat, terutama saat siang dan malam hari.

 

Randai merupakan salah satu jenis permainan tradisional di Desa Nyarai. Pemain akan membentuk lingkaran dan melangkahkan kaki kedepan secara perlahan dengan diiringi sebuah nyanyian.

 

Ulu Ambek merupakan jenis pencak silat yang dimiliki oleh masyarakat Desa Nyarai. Silat ini merupakan jenis kesenian yang berfokus dengan keindahan gerak tubuh yang dilakukan oleh dua orang tanpa sentuhan fisik dalam pertunjukannya.

 

Pasambahan merupakan kegiatan yang bisa dilakukan saat acara pernikahan. Saat kegiatan event dea nyarai, pertunjukan ini akan dipertontonkan sebagai salah satu pertunjukan untuk memberikan penghormatan kepada tetua Desa Nyarai.

 

Bela Diri Khas Desa Nyarai Salah satu Destinasi Budaya Lokal yang disuguhkan ke wisatawan yang datang. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Nyarai.

 

Pengelolaan Desa Wisata Desa Nyarai

 

Desa Wisata Nyarai dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nyarai. Memiliki wewenang lebih untuk terus mengembangkan Wisata di Desa Nyarai. Pokdarwis Nyarai terus melakukan perbaikan dan pengembangan guna meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada wisatawan yang datang di Desa Nyarai.

 

Pengurus dan Anggota yang ada di Pokdarwis Nyarai  merupakan warga Desa Nyarai. Selain warga yang terdata sebagai bagian dari Pokdarwis. Warga Nyarai diluar struktur Pokdarwis juga terlibat aktif dalam kegiatan Pariwisata. Tercatat, tidak kurang dari 165 orang terlibat sebagai pemandu Desa Wisata Nyarai. Hal ini dilakukan agar Desa Wisata Nyarai dapat berkembangan dengan semangat gotong royong dengan masyarakat sekitar.

 

Keterlibatan Pemerintah Desa (Pemdes) mengelola Desa Wisata memperlihatkan bahwa Wisata Nyarai juga penting keberadaannya untuk Desa Nyarai. Bertindak sebagai pembina, Pemdes Nyarai selalu memberi masukan. Tindakan tersebut dilakukan agar Desa Wisata Nyarai semakin berkembang dan dikenal oleh wisatawan berbagai daerah, bahkan sampai luar negeri.

 

Jam Operasional Desa Wisata Nyarai dan Harga Tiket

 

Desa Wisata Nyarai dibuyak setiap hari mulai pukul 7.00 WIB sampai pukul 5.00 WIB. Wisatawan dapat menikmati sejuknya kawasan dari pagi sampai petang hari.

 

Desa Wisata Nyarai memasang tiket untuk setiap destinasi wisata yang ada. Pengunjung dibebaskan untuk datang untuk menikmati wisatanya ataupun tidak.

 

Tiket masuk ke Desa Wisata Nyarai terutama ke Destinasi Unggulan Desa Nyarai pengelola memasang tiket seharga Rp 30 ribu. Pengunjung dapat menikmati indahnya Air Terjun Nyarai dan Merasakan snorkeling di Kolam Alami Desa Nyarai.

 

Bagi Wisatawan yang datang bertepatan dengan kegiatan Event Desa Nyarai yaitu Alek Nagari. Wisatawan bebas akan menonton pertunjukan adat ataupun tidak. Jika Wisatawan ingin menikmati pertunjukan evenya diharuskan membayar tiket seharga Rp 5 Ribu.

 

Wisata panen ikan di kawasan larangan bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi menangkap ikan secara langsung dengan jumlah banyak juga dapat dilakukan. Meskipun waktunya tidak setiap saat, tidak ada salahnya wisatawan untuk merencanakan jauh-jauh hari. Harga tiket wisata Bongka Niaik ini pengelola Desa Wisata Nyarai memasang harga Rp 15 ribu.

 

Pengelola Desa Wisata Nyarai juga membuka wisata Trekking Desa Wisata Nyarai. Pengelola akan diajak keliling Wisata alam terutama kawasan alam di Desa Nyarai. Harga tiketnya, pengelola memasang harga Rp 30 ribu.

 

Wisatawan yang ingin melakukan camping di kawasan Wisata Nyarai juga bisa. Pengelola memasang harga Rp 50 ribu . Wisatawan dapat menikmati kondisi Alam Desa Nyarai sepanjang waktu.

 

Bagi wisatawan pecinta Burung. Destinasi Bird Watching Adventure sangat cocok menjadi tujuan di Desa Wisata Nyarai. Harga wisata memantau burung inI, pengelola memasang harga Rp 100 ribu.

 

Wisatawan yang suka dengan kegiatan snorkeling juga dapat merasakan indahnya dalam air aliran sungai nyarai. Bagi wisatawan yang ingin menyelam di kolam Nyalai, Pengelola Desa Wisata Nyarai  memasang harga tiket dengan harga Rp 50 ribu.

 

Bagi wisatawan yang ingin bermalam dan merasakan homestay kawasan Desa Wisata Nyarai. Wisatawan diharuskan membayar tiket wisata seharga Rp 650 ribu. Wisatawan akan mendapatkan fasilitas berupa penginapan selama dua  hari satu malam. Pengelola Desa Wisata Nyarai member tontonan Silek Tuo Nyarai saat siang dan malam.

 

Pengelolaan Desa Wisata Desa Nyarai

 

Desa Wisata Nyarai dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nyarai. Memiliki wewenang lebih untuk terus mengembangkan Wisata di Desa Nyarai. Pokdarwis Nyarai terus melakukan perbaikan dan pengembangan guna meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada wisatawan yang datang di Desa Nyarai.

 

Pengurus dan Anggota yang ada di Pokdarwis Nyarai sendiri merupakan warga Desa Nyarai. Selain warga yang terdata sebagai bagian dari Pokdarwis. Warga Nyarai diluar struktur Pokdarwis juga terlibat aktif dalam kegiatan Pariwisata. Hal ini dilakukan agar Desa Wisata Nyarai dapat berkembangan dengan semangat gotong royong dengan masyarakat sekitar.

 

Keterlibatan Pemerintah Desa (Pemdes) mengelola Desa Wisata memperlihatkan bahwa Wisata Nyarai juga penting keberadaannya untuk Desa Nyarai. Bertindak sebagai pembina, Pemdes Nyarai selalu memberi masukan. Tindakan tersebut dilakukan agar Desa Wisata Nyarai semakin berkembang dan dikenal oleh wisatawan berbagai daerah, bahkan sampai luar negeri.

 

Rute Menuju Desa Nyarai

 

Bagi Wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Nyarai tidak perlu khawatir untuk bingung menuju ke lokasi. Selain sudah tercantum di google maps, akses menuju Desa Nyarai juga sudah aman dilewati.

 

Bagi pengunjung Desa Wisata Nyarai yang melakukan perjalanan dari arah Timur Desa Nyarai. Sesampainnya di Kota Padang untuk melanjutkan perjalanan ke barat hingga bertemu dengan jalan By Pass sejauh 32 KM menuju Desa Nyarai dengan durasi perjalanan sekitar 32 menit menggunakan mobil.

 

Sebaliknya jika wisatawan berada di Barat dari Desa Nyarai. Jika sudah melakukan perjalanan sampai Bukit Tinggi hingga ke Padang Panjang, selanjutnya melanjutkan perjalanan sejauh 44 KM.  Wisatawan akan disuguhkan pemandangan bagus sepanjang durasi perjalanan 1 Jam 15 menit menuju Desa Nyarai dengan menggunakan Mobil.

 

Pengunjung Desa Wisata Nyarai Tiap Tahun

 

Pengunjung Desa Wisata Nyarai tiap tahun terus mengalami perubahan. Catatan tersebut didapat dari pengelola tergantung dari kondisi wisata yang ada. Seperti halnya adanya pelarangan wisata akibat covid tentu mengakibatkan kunjungan wisatawan menurun.

 

Pada tahun 2019, Wisatawan Desa Wisata Nyarai pengelola mencatat ada 2000 orang datang ke Desa Nyarai. Kendati demikian, pengunjung Desa Wisata Nyarai sempat turun drastis pada tahun 2020 akibat larangan wisata akibat covid. Pengelola mencatat pengunjung Desa Nyarai hanya 500 orang.

 

Pada tahun 2020 Desa Wisata Nyarai kembali mengalami kenaikan. Pengelola memperkirakan pengunjung yang datang yakni sekitar 1000 orang. Bahkan pada tahun 2022 orang yang datang ke Desa Nyarai naik jadi 1500 orang.

 

Omset Desa Wisata Nyarai Tiap Tahun

 

Pada tahun 2019 Desa Wisata Nyarai mendapatkan omset kegiatan wisata sekitar Rp 60 juta. Kemudian pada tahun 2020 pengunjung Desa Wisata Nyarai mengalami penurunan sejalan dengan menurunya pengunjung di Desa Wisata Nyarai. Pengelola mencatat omset hanya Rp 10 juta.

 

Kendati demikian, Pada tahun 2021 omset Desa Wisata Nyarai kembali mengalami kenaikan. Pengelola Desa Wisata Nyarai mencatat uang yang masuk ke kas sekitar Rp 50 juta. Angka tersebut sama dengan hasil yang didapatkan pada tahun 2022, keuntungan yang didapatkan sekitar Rp 50 juta.

 

Omset yang terus naik tersebut merupakan modal bagi pengelola Desa Nyarai untuk terus mengembangkan wisata. Kedepannya, Desa Wisata Nyarai akan menyesuaikan dengan kebutuhan sesuai dengan zaman yang terus berkembang.

 

Exit mobile version