Pemkot Gorontalo Alokasikan Anggaran Rp 10 Miliar untuk Dana Kelurahan

Wali Kota Gorontalo Marten Taha saat kegiatan Kick-off Meeting Program Dana Pengembangan Kelurahan tahun anggaran 2023, di Hotel Aston Gorontalo, Jumat (19/5/2023). Sumber foto: Istimewa
Wali Kota Gorontalo Marten Taha saat kegiatan Kick-off Meeting Program Dana Pengembangan Kelurahan tahun anggaran 2023, di Hotel Aston Gorontalo, Jumat (19/5/2023). Sumber foto: Istimewa

GORONTALO Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 miliar bagi 50 kelurahan melalui Program Dana Pengembangan Kelurahan tahun anggaran 2023. Dari dana tersebut, setiap kelurahan secara merata akan mendapatkan Rp 200 juta untuk mendukung berbagai kegiatan yang telah direncanakan.

 

“Di APBD Tahun 2023 ini, kami Pemerintah Kota Gorontalo mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 juta untuk setiap kelurahan, atau Rp 10 miliar untuk 50 kelurahan yang ada di Kota Gorontalo,” kata Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Jumat (19/5/2023).

 

Marten menjelaskan, anggaran tersebut diberikan untuk mendukung berbagai kegiatan yang telah ditetapkan di dalam APBD. Misalnya, program pengembangan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi, dan perbaikan berbagai sarana prasarana pendukung aktivitas masyarakat.

 

“Oleh karena itu, hari ini kita mengadakan Kick-off meeting Program Dana Pengembangan Kelurahan. Melalui kegiatan ini, seluruh dana kelurahan itu sudah bisa dimanfaatkan oleh masing-masing kelurahan,” jelasnya.

 

Pelaksanaan program harus dilakukan dan dikelola langsung oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) dengan sistem swakelola, dan tidak boleh ditenderkan. Ia menegaskan, Pokmas akan langsung diasistensi oleh dinas terkait dan program-program yang akan dilaksanakan harus dipertanggungjawabkan.

 

“Saya berharap, dana kelurahan ini bisa fokus untuk membiayai pekerjaan atau kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, serta mempunyai dampak yang positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkas Marten.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *