Site icon Kolom Desa

Pemkab Jayapura Komitmen Dorong Kampung Yoboi Sebagai Desa Wisata 2024

Masyarakat Suku Sentani yang menghuni Kampung Yoboi, Jayapura. Sumber Foto: Istimewa

Masyarakat Suku Sentani yang menghuni Kampung Yoboi, Jayapura. Sumber Foto: Istimewa

JAYAPURA Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mengungkapkan akan menyiapkan dan mendorong Kampung Yoboi sebagai desa wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun  2024 mendatang. Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomi menjelaskan bahwa pemkab akan selalu mendukung kegiatan maupun gerakan swadaya masyarakat untuk memajukan pembangunan daerah.

 

“Pemkab Jayapura akan memberikan dukungan dan dorongan bagi Kampung Yoboi, agar pada tahun 2024 dapat kembali mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2024 mendatang,” ujar Triwarno, Jumat (19/5/2023).

 

Triwarno menjelaskan bahwa pihaknya juga mengapresiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang telah memberi atensi khusus kepada Kabupaten Jayapura. Dengan perhatian khusus dari kemenparekraf tersebut, Kampung Yoboi bisa masuk 50 besar nominasi desa wisata Indonesia pada tahun 2021.

 

“Pemerintah tentu bangga dengan pencapaian yang pernah diraih oleh Kampung Yoboi pada 2021 lalu yang masuk menjadi nominasi 50 besar desa wisata Indonesia,” kata Triwarno.

 

Pemerintah akan berupaya untuk mempertahankan budaya masyarakat lokal yang memiliki nilai kearifan tinggi. Triwarno menyebut bahwa budaya lokal berupa kuliner khas olahan sagu dan objek wisata jelajah hutan sagu akan dipertahankan dan dijadikan ciri khas dari Kampung Yoboi.

 

“Budaya lokal Suku Sentani yang masih dipertahankan masyarakat Kampung Yoboi yakni kuliner khas dari sagu dan objek wisata jelajah hutan sagu,” imbuh Triwarno.

 

Banyaknya hutan sagu menjadikan potensi lokal yang menjadi andalan Kampung Yoboi. Dengan kekayaan alam tersebut, Kampung Yoboi yang dihuni oleh Suku Sentani memiliki beragam kuliner olahan sagu seperti papeda, ulat sagu dan juga jamur sagu.

 

“Jadi ketika wisatawan berkunjung di Kampung Yoboi kita akan disuguhkan dengan kuliner lokalnya yang semuanya berbahan dasar sagu,” tutup Triwarno.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Exit mobile version