Ratusan Desa di Kotabaru Jadi Kampung Keluarga Berkualitas

Ilustrasi Kampung Berkualitas Sumber: Freepik
Ilustrasi Kampung Berkualitas Sumber: Freepik

KOTABARU– Sebanyak 198 desa dan empat kelurahan di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan menjadi kampung keluarga berkualitas tahun 2023. Program kampung berkualitas ini langsung diresmikan oleh kepala BKKBN RI.

 

“Saya optimis sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Kotabaru akan berkembang dengan baik apalagi adanya perusahaan-perusahaan, dan adanya gerakan dapur sehat  (Dashat) atasi stunting guna mendukung menuju kampung keluarga berkualitas,” kata Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, di objek wisata Gunung Meranti Kotabaru Rabu. (17/5/2023).

 

Ia mengatakan bahwa program ini juga sebagai strategi dan rencana aksi dalam menurunkan tingkat stunting yang ada di kabupaten Kotabaru. Caranya dimulai dari pengawalan calon pengantin, ibu hamil dan pasca persalinan.

 

“BKKBN tidak dapat bekerja sendirian tapi harus melibatkan Lembaga untuk bersama-sama bersinergi mencapai target yang telah ditentukan,” katanya.

 

Sementara itu, Bupati Kotabaru, Sayed Jafar mengajak seluruh stakeholder berkolaborasi dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Kotabaru.

 

“Saya mengajak seluruh stakeholder untuk dapat terus meningkatkan koordinasi dan memperkuat kolaborasi agar program Kampung Keluarga Berkualitas dan Dashat dapat berjalan dengan baik, Sehingga target penurunan angka stunting di Kabupaten Kotabaru sebesar 13,24 persen pada tahun 2023 dapat terwujud,” harap Sayed Jafar.

 

Berdasarkan data  SSGI tahun 2021 prevalensi Kabupaten Kotabaru masih sebesar 21,8 persen dan masih memiliki target penurunan pada tahun 2024 nanti sebesar 13,24 persen.

 

“Kotabaru sudah mengalami penurunan jumlah setanting Tahun 2021 41 desa pada tahun 2021 menurun menjadi 31 desa,pada tahun 2022 dan saat ini menjadi 24 desa,” ujar Sayed.

 

Terakhir, Ia menambahkan penanganan stunting di mulai dari Pemberian makanan tambahan serta melalui dapur sehat atasi stunting dengan kegiatan di kampung keluarga berkualitas (KB), dan di Kotabaru terdapat 43 kampung KB yang tersebar di wilayah Kabupaten Kotabaru.

 

Penulis: Afn

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *