Petani Desa Loa Duri Ulu Kembangkan Sawah Produktif dari Lahan Bekas Tambang

Ilustrasi petani memanen padi Sumber Foto: Pixabay
Ilustrasi petani memanen padi Sumber Foto: Pixabay

KUTAI KARTANEGARADesa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara berhasil menyulap lahan seluas 20 hektar milik PT Baiduri Bukit Energi (BBE) menjadi lahan sawah yang produktif. Kepala Desa (Kades) Loa Duri Ulu, Muhammad Arsyad mengatakan inovasi kelompok tani desanya ini sudah dikembangkan sejak tahun 2020 dan produksi padinya terus meningkat tiap tahunnya.

 

“Selama tiga tahun ini Alhamdulillah produksi dan panennya terus meningkat berkat dukungan dan binaaan dari PT BBE,” ucap Arsyad.

 

Arsyad menyebut lahan eks tambang tersebut masih memiliki kualitas tanah yang bagus. Dengan kualitas lahan yang baik, setiap panen petani selalu memperoleh hasil panen yang bagus dan berhasil membantu perekonomian warga yang berprofesi sebagai petani.

 

Kesuksesan ini sendiri tidak lepas dari kerjasama Pemdes Loa Duri Ulu bersama PT BBE dan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Unmul). Arsyad berharap produksi padi di desanya bisa semakin meningkat dan bisa panen 3 kali dalam setahun.

 

“Kami berharap mudah-mudahan hasil panen dari pemanfaatan lahan eks tambang ini terus mengalami peningkatan. Dan mudahan bisa panen 3 kali dalam satu tahun,” harap Arsyad.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *