Belasan Kades di Kalteng Mengundurkan Diri

Ilustrasi Mengundurkan Diri Dari Kepal Desa Sumber: Freepik
Ilustrasi Mengundurkan Diri Dari Kepal Desa Sumber: Freepik

KOTAWARINGIN TIMUR – Belasan Kepala Desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mengundurkan diri dari jabatan kepala desa. Hal tersebut dilakukan karena mereka telah mendaftarkan diri menjadi bakal calon anggota legislatif yang akan bersaing pada Pemilu Legislatif 2024 nanti.

 

“Pendaftaran bacaleg terakhir tanggal 14 Mei kemarin, sehingga mereka mengajukan pengunduran diri dari jabatan kepala desa karena menjadi syarat dalam pencalonan pemilu legislatif tersebut,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Raihansyah di Sampit, Senin (15/5/2023).

 

Ia juga menerangkan atas pengunduran tersebut pemerintah daerah menghargai sikap dari para kepala desa yang memilih untuk maju dalam kontestasi pemilu legislatif terlebih dalam aturan hal tersebut juga diperbolehkan.

 

“Mereka sudah mengundurkan diri dan sesuai aturan bahwa dalam pendaftaran di KPU itu mereka harus melampirkan tanda terima dari instansi berwenang, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Kami sudah mengeluarkan tanda terima untuk lampiran mereka mendaftar di KPU,” ucapnya.

 

Sementara ini kepala desa yang mengundurkan diri tersebut masih menjalankan tugas sebagaimana mestinya sembari menunggu surat keluar dari keputusan Bupati tentang pemberhentian dan jabatan serta pergantian dari mereka.

 

“Kalau SK (surat keputusan) keluar, baru nanti ada pelantikan Pj. Nah, disitulah pemberhentiannya dengan hormat nantinya kepala desa tersebut. Yang mundur ini cuma kepala desa, kalau sekretaris desa tidak ada yang mundur,” pungkas Raihansyah.

 

Dari data yang terhimpun ada 12 Kepala Desa yang mengajukan pemberhentian yakni kepala desa di Desa Mekar Jaya, Tanah Haluan, Tinduk, Baampah, Tumbang Payang, Waringin Agung, Luwuk Kowan, Satiruk, Kabuau, Telaga Baru, Tumbang Hejan dan Cempaka Mulia Barat.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *