Dinkes Sulbar Realisasikan Program Jamban Sehat di Enam Desa

Tim kerja Program Penyehatan lingkungan Dinkes Prov Sulbar saat melaksanakan kegiatan Pemicuan Jamban Sehat Sumber Foto: dinkes.sulbarprov.go.id
Tim kerja Program Penyehatan lingkungan Dinkes Prov Sulbar saat melaksanakan kegiatan Pemicuan Jamban Sehat Sumber Foto: dinkes.sulbarprov.go.id

MAMUJU TENGAH – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Barat realisasikan Program Jamban Sehat di enam desa di Kabupaten Mamuju Tengah. Program yang didukung langsung oleh pemerintah provinsi tersebut bertujuan untuk mengurangi angka stunting Provinsi Sulbar.

 

“Program jamban sehat yang menyentuh enam desa di Kabupaten Mamuju Tengah didukung penuh oleh Pemprov Sulbar. Program pemicuan jamban sehat tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang jamban sembarangan atau stop buang air besar sembarangan,” ujar Kepala Dinkes Provinsi Sulawesi Barat, Asran Masdy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/5/2023).

 

Menurutnya dari kegiatan tersebut, pemerintah ingin mengajak masyarakat untuk membangun komitmen agar setiap keluarga membangun jamban sehat. Nantinya, kepala desa juga akan berperan dalam program ini dengan melakukan pengawasan dan pembinaan secara langsung.

 

“Komitmen tersebut turut disaksikan kepala desa yang akan turut membina masyarakat agar membangun jamban, yang sangat penting bagi Kesehatan keluarga dan lingkungan,” tambahnya.

 

Ia menyampaikan, untuk menekan angka stunting di Provinsi Sulbar, program pembangunan jamban sehat akan terus dilaksanakan dengan berbagai program Kesehatan lainnya. Asran menambahkan, angka stunting Provinsi Sulbar cukup tinggi mencapai 35 persen, sehingga pemerintah terus berupaya menekan angka penderita stunting melalui program jamban sehat.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *