Site icon Kolom Desa

Pemdes Tembok Tingkatkan Literasi Pemuda Desa Melalui Pelatihan Jurnalistik

Ilustrasi Pelatihan Jurnalistik Sumber. Freepik

Ilustrasi Pelatihan Jurnalistik Sumber. Freepik

BULELENG –  Pemerintah Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali melakukan pendampingan peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk para pemuda. Hal tersebut dilakukan dengan menggelar pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan literasi serta menjaring potensi dan bakat generasi muda yang memiliki minat dalam bidang jurnalistik.

 

“Kegiatan melibatkan pemuda di Desa Tembok. Kami bersama beberapa rekan memberikan fasilitas pendampingan,” kata Putu Mardika, S.Pd.,M.Si, salah satu pemateri pelatihan jurnalistik di Desa Tembok, Selasa. (9/5/2023)

 

Pelatihan jurnalistik ini umumnya diikuti oleh para pemuda yang sedang duduk dibangku sekolah atas (SMA) dan juga perkuliahan. Hal tersebut diharapkan agar mereka mampu mampu mempublikasikan kegiatan di Desa Tembok melalui karya jurnalistik teks dan foto.

 

“Harapannya mereka bukan hanya mampu menghasilkan karya jurnalistik semata, tetapi bagaimana karya jurnalistik itu dapat menampilkan keunikan dan keunggulan dari desa,” papar dia.

 

Ia juga mengatakan bahwa untuk membangun potensi keunggulan desa tidak hanya dalam membangun infrastruktur dalam fisik saja namun juga harus melakukan pembangunan dalam bentuk peningkatan SDM dengan melalui pelatihan dan pembinaan.

 

“Tembok salah satu desa yang konsisten dalam pembangunan sumber daya manusia. Saya kira ini modal bagus terkait potret bagaimana dana desa dapat dimaksimalkan sebaik mungkin. Bukan hanya untuk fisik semata, tetapi juga pembangunan SDM itu sendiri, kata dia.

 

Salah satu peserta pelatihan jurnalistik, Ketut Catur Ananta Dewi mengaku dirinya sangat senang mendapatkan pelatihan jurnalistik karena akhirnya ia mampu membuat berita yang baik dan benar sesuai kaidah yang telah ditetapkan.

 

“Saya banyak belajar mengenai bagaimana menulis berita yang benar dan mampu mengangkat berita-berita di desa. Saya sempat menulis berita feature tentang pelaku UMKM di Desa Tembok. Rasanya seru dan menyenangkan,” pungkas dia.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Exit mobile version